CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Nanti Malam Closing Date Jeddah, Aceh Tutup Keberangkatan Jemaah Haji Indonesia

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 519
Senin, 10 Juni 2024
Featured Image
Ketua PPIH BTJ Azhari dan jajaran antar 390 jemaah kloter 12, pagi Senin (10/6).

Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 (BTJ-12) telah terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Senin, 10 Juni 2024, setelah take off pukul 10.44 WIB atau pukul 06.45 Waktu Arab Saudi (WAS). 

 

Diperkirakan, setelah mengudara sekitar delapan jam, lapor ketua kloter 12 Agus Suryadi SAg MPd, pesawat akan mendarat (landing) di Bandara Internasional King Abdul Aziz sekitar pukul 19.00 WIB atau 15.00 WAS. 

 

Pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300ER dengan nomor penerbangan GA-2112 antar jemaah kloter terakhir dari Serambi Mekah ke Mekah. 

 

Boeing yang membawa 390 jemaah kloter 12, hari ke 14 puncak operasional Embarkasi Haji Aceh ini, merupakan kloter pamungkas, sekaligus menutup keberangkatan jemaah haji Indonesia pada tahun ini.

 

Menurut jadwal Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1445H/2024M, closing date di Bandara Jeddah ialah Senin, 10 Juni 2024/4 Dzulhijjah 1445 H, pukul 00.00 WAS. 

 

Closing date satu tanda berakhirnya seluruh aktivitas di Bandara Jeddah selama keberangakatan jemaah dari tanah air/pintu bandara ditutup. Lantas semua aktivitas akan bergeser ke Mekah untuk mempersiapakan prosesi Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). 

 

Bersama BTJ-12, ada juga yang diberangkatkan hari terakhir ini, antara lain kloter 100 Embarkasi Haji Solo (SOC-100), dan kloter 19 Embarkasi Haji Banjarmasin (BDJ-19). 

 

Kakanwil Kemenag Aceh/Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) BTJ Aceh, Drs H Azhari MSi, sampaikan terima kasih pada semua pihak, mitra terkait, juga jemaah dan keluarga, atas suksesnya fase pemberangkatan (embarkasi) ini. 

 

Azhari menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan penyelenggaran pemberangkatan ibadah haji tahun ini.

 

“Alhamdulillah, tahun ini Embarkasi Haji Aceh sukses memberangkatkan 100 persen kuota haji yang diberikan oleh pemerintah pusat," ujar Azhari, saat antar jemaah ke Bandara SIM. 

 

Mengingat cuaca di Arab Saudi sedang kondisi panas, Azhari mengimbau jemaah untuk menjaga kesehatan, minum air yang cukup dan istirahat yang teratur.

 

“Kami juga selalu mengingatkan petugas untuk menyampaikan imbauan pentingnya menjaga kesehatan bagi jemaah haji di sana,” ucap Azhari.

 

“Mari kita doakan supaya jemaah haji kita di tanah suci dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, semoga menjadi haji yang mabrur,” tutur Azhari. 

 

Untuk diketahui, jemaah haji kloter 12 berasal dari Aceh Barat 1 orang, Abdya 96 orang, Aceh Besar 2 orang, Aceh Selatan 148 orang, Aceh Singkil 44 orang, Pijay 2 orang, Simeulue 15 orang, Banda Aceh 19 orang, Langsa 1 orang, Lhokseumawe 2 orang, dan Subulussalam 52 orang.

 

Untuk jemaah termuda bernama Ghina Ghufrani Ayati berusia 22 tahun dari Kota Subulussalam. Sedangkan Jemaah tertua kloter 12 bernama Raudah Saddap berusia 96 tahun juga dari Kota Subulussalam.

 

Hingga saat ini, jemaah haji Aceh yang wafat di tanah suci berjumlah 3 orang, yakni Ruhamah (84 tahun) asal Kota Sabang, Muhdin Ibrahim (62 tahun) asal Bireuen dan Muhammad Umar Ardik (78 tahun) asal Aceh Tengah. 

 

Dilepas Syazalisma

 

Sore Ahad kemarin, Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma S STp lepaskan kloter pelangi ini. Syazalisma juga harapkan agar jemaah patuhi aturan, jaga kesehatan, dan doakan untuk semua. 

 

Pj Bupati serahkan bendera pada ketua kloter BTJ-12 Agus Suryadi SAg MPd, Kasubbag TU Kankemenag Aceh Barat Daya (TPHI). Didampingi H Suryadi Anwar SAg, Kasubbag TU Kankemenag Aceh Barat Daya (TPIHI), serta dr Herlina Sitompul, Ns Era Afriyani Suryadi, Ns Wirnawita Syarifuddin Khalidin (TKHI/dokter dan perawat), serta PHD Hamdani Abdullah, Ivan Aulia Trisnady, dan Yusri. 

 

"Alhamdulillah sudah 11 kloter tiba di Tanah Suci. Kloter 11 tiba kemarin sore Ahad, 9 Juni 2024 pukul 15.30 WIB (11.30 WAS), setelah take off dari Bandara SIM paginya. Terakhir, hari ini, kloter 12 sudah terbang, moga lancar dan semuanya mabrur," harap Azhari.[]

Fotografer : MCH
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh