CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kesungguhan Dalam Dambaan Berhaji

Image Description
Muhammad Haris Shalaziq
  • Kontributor
  • Dilihat 264
Kamis, 16 November 2023
Featured Image
Kasi PHU dan Staf Menyaksikan Eka Saputra Menyerahkan Uang Pendaftaran Hajinya

Suasana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur kembali haru dengan kedatangan Eka Saputra seorang pedagang kaki lima yang mendaftar haji dengan membawa uang recehan, Rabu 15 November 2023.

 

Betapa tidak semangat Eka dalam menjalankan perintah Allah SWT ini patut dicontohi dan menjadi motivasi bagi calon jemaah haji lainnya, bermodalkan kios eceran Eka berangkat dari rumahnya yang berada di desa Dama Pulo Sa kecamatan Darul Aman menuju kiosnya yang terletak di desa Keude Blang Kecamatan Idi Rayeuk tepatnya di Alun-Alun jembatan idi, untuk berjualan dari pagi pukul 7 hingga malam pukul 11.

 

Pemuda kelahiran tanggal 05 Januari 1996 yang belum berkeluarga itu dan pernah belajar di dayah Mudi Mesra Samalanga itu selalu menyisihkan 50% dari labanya berjualan untuk berhaji. Selama 3 tahun lebih Eka telah menyelengi sebanyak 44 juta, 18 juta dari jumlah uang tersebut telah dia gunakan untuk berumrah pada tanggal 15 Maret 2023 lalu, dan kini sisanya sebanyak 26 juta dia gunakan untuk mendaftar haji, tutur Eka

 

“Saya berharap semoga saudara dan bakal calon jemaah haji lainnya di Aceh timur juga termotivasi dan ikut berusaha seperti saya,  karena kalau niat dan keinginan sudah melekat, Allah pasti mengabulkannya,” ucap Eka Saputra.

 

Sementara itu Kasi PHU Drs H Muzakkir MA bersama staf juga ikut menyaksikan Eka Saputra menyerahkan uang recehan tersebut kepada M Rizaldi yang merupakan petugas bank Muamalat sekaligus dikeluarkannya Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) sebagai bukti Eka resmi menjadi jemaah haji Kementerian Agama.

 

Uang yang diberikan sebanyak 26 juta itu terdiri dari pecahan 2 ribuan sebanyak 3 juta, pecahan lembaran 5 ribuan  sebanyak 16 juta dan pecahan lembaran 10 ribuan sebanyak 7 juta.

 

"Sebab tercapainya tujuan berhaji seseorang itu terwujud dikarenakan oleh 2 sebab, yang pertama karena panggilan Allah, bila Allah sudah memanggil maka segala kemudahan dan harapan-harapan dengan mudah terkabulkan, siapa saja yang bertaqwa kepada Allah maka Allah akan memberikan harapan dan memudahkan kemudahan yang diinginkan itu, Allah tidak akan memanggil orang-orang yang mampu, tetapi Allah memampukan orang-orang yg dipanggil untuk berhaji," tutur Muzakkir.

 

"Sebab yang kedua karena yakin dan  sungguh-sungguh, niat orang yg sungguh-sungguh dan yakin akan selalu Allah kabulkan cita-cita nya,” sambung Muzakkir.

 

Lebih lanjut Muzakkir menjelaskan, menabung dengan niat Lillahita’ala untuk berhaji. Allah telah menununjukan kenyataan-kenyataan dari janji-Nya itu kepada kita semuanya, yaitu dengan mendaftarnya haji saudara kita hari ini yang bernama Eka Saputra.

 

“Semoga kita tergugah untuk mengikuti jejak saudara kita ini, agar kita mau berusaha secara  bersungguh-sungguh dalam menggapai harapan-harapan dalam kehiduan ini,” harap Muzakkir. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh