Aceh Timur (Ami Inmas)---Setelah dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Aceh tadi malam, pagi ini Kamis, (23/3) peserta kegiatan Workshop Pengelolaan Dan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Perencanaan ( JFP ) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi disuguhi materi tentang tata cara pengelolaan anggaran yang mendukung laporan LK dengan opini WTP serta tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN.
Materi tersebut disampaikan Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin, SE yang diwakili oleh Dedi Satria Hasma selaku pengelola keuangan pada Subbag Perencanaan.
"Seyogyanya materi ini disampaikan oleh bapak Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, namun karena beliau ada rapat dengan Bapak Kakanwil sehingga kami yang menyampaikan materi ini,ujar Dedi.
Peserta kegiatan yang bertema "Melalui pengelola anggaran negara yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel menuju WTP" itu terlihat sangat antusias mendengar penjelasan dari pemateri yang keseharian bergelut dengan Keuangan di Kanwil.
Dalam pemaparannya, Dedi juga mengupas tentang bagaimana ruang lingkup DIPA , struktur pejabat perbendaharaan dan kuasa pengguna anggaran dalam menyusun DIPA dan PPK.
Selain itu ia juga menjelaskan mengenai tanggung jawab bendahara dalam mengelola anggaran.
"Setiap bendahara wajib mempunyai sertifikat Dari keuangan," ujar Dedi.
Sementara itu, pada kegiatan Bimtek penyusunan Dan penilaian angka kredit JFP menghadirkan narasumber Dari Jakarta, Drs. Agus Sunaryo, M. Si selaku perencana dari Biro Perencanaan Kementerian Agama yang membahas tentang seluk beluk tata penyusunan angka kredit.[ ]