CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakanwil Ingatkan Jajaran Mengawasi Jamaah dan Sosialisasikan Regulasi Haji

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 189
Senin, 18 September 2023
Featured Image

Banda Aceh (Humas) -- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Drs H Azhari resmi menutup Kegiatan Penyusunan Rencana Anggaran Pengelolaan Keuangan Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji (PKOPIH) 1445 H/2024, Senin (18 September 2023).

Di depan peserta acara Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) tiga hari di Hotel Grand Nanggroe Lueng Bata Banda Aceh, Kakanwil sampaikan apresiasi pada peserta dari operator keuangan haji di Kankemenag dan panitia di Bidang PHU Kanwil. 

Semoga, harap Kakanwil didampingi Kabid PHU Drs H Arijal MSi dan PAI H Khairul Azhar SAg MSi, penyusunan rencana anggaran pengelolaan keuangan operasional haji, bisa dan telah tersusun sebagaimana planing dan program operasional perhajian di tahun mendatang. 

"Sehingga dalam penyelenggaraannya nanti tidak ada revisi yang berkali-kali karena misalnya adanya penyusunan perencanaan dan penganggaran yang tidak sempurna," ingatnya. 

"Perencanaan dan perencanaan keuangan mesti sesuai kebutuhan. Juga penempatan anggaran mesti secara proporsional," ajak Kakanwil dalam sesi penutupan sebelum sesi foto bersama. 

"Penyusunan program yang akurat akan menghasilkan hasil yang maksimal," imbuhnya. 

Di sini, Kakanwil ajak jajaran, semangati diri dengan keikhlasan serta spirit kerja sama. 

Jajaran Kemenag mesti menyolisasikan pada masyarakat, terutama calon haji yang sedang dalam masa tunggu, agar tidak dipengaruhi oleh pihak yang memanfaatkan kesempatan, untuk membatalkan porsi hajinya, sehingga menarik dana hajinya untuk program lain-lain. Demikian poin penting Kakanwil melalui peserta Kegiatan PKOPIH se Aceh ini. 

"Kita juga harapkan agar jajaran memantau jamaah serta sampaikan regulasi perhajian yang berlaku," ujar Azhari. 

Kakanwil mengajak jajaran bisa sampaikan regulasi haji dan umrah, juga terhadap PPIU terkait masalah dan solusi dengan bahasa yang bijak. 

Di samping ajakan agar masyarakat terus disosialisasikan oleh jajaran Kemenag agar menggunakan jasa PPIU resmi, Kalanwil juga ajak jajaran menjemput bola, dalam layani jamaah. 

Sementata itu, dalam sesi pembukaan tiga hari lalu, Arijal menegaskan bahwa PHU mempunyai dua anggaran, APBN dan PKOPIH, maka perlu penyelarasan terhadap keduanya.

"Apa saja kegiatan yang harus dianggarkan di APBN dan apa saja yang harus dianggarkan di PKOPIH," tegasnya.

"Menempatkan anggaran sesuai ketentuan akan memudahkan pelaksanaan operasional haji," pungkas Kakanwil Azhari saat penutupan kegiatan. 

"Acara yang dibuka Kabid PHU mewakili Kakanwil pada Sabtu (16 September 2023), diikuti jajaran PHU se Aceh, meliputi operator PKOH dan Kasi PHU Kankemenag," lapor Ketua Panitia H Khalid SH.[yyy]



Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh