CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Indeks Kepuasan Jamaah Haji 2018 Meningkat

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 457
Kamis, 22 November 2018
Featured Image

Banda Aceh (Yakub)---Puncak penyelenggaraan haji tahun depan berlangsung sejak Juli 2019/Dzulqa'idah 1440 H. Calon Jamaah Haji (CJH) Gelombang I mulai masuk asrama sejak 6 Juli (3 Dzulqa'idah). Gelombang II, mulai masuk asrama sejak 19 Juli (16 Dzulqa'idah). Selanjutnya, puncak haji, Hari Arafah pada 10 Agustus/9 Dzulhijjah, dan besoknya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1440 H.

Namun tahapan penyelenggaraan haji sudah dan terus berlangsung, sejak kembalinya jamaah ke debarkasi, dua bulan lalu. Untuk peningkatan layanan, sejumlah langkah dan perbaikan juga dilaksanakan, termasuk sejumlah program di Kanwil dan Kankemenag se Aceh. Termasuk pengevaluasian dan sejumlah rapat koordinasi dengan lintas terkait penyelenggaraan haji.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh Drs HM Daud Pakeh, melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) sampaikan bahwa tingkat kepuasan jamaah pada musim haji 2018/1439 H, ada peningkatan.

Kabid PHU, H Samhudi SSi, sampaikan bahwa sebagaimana disampaikan dari Kemenag RI, melalui Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat, yang menggelar seminar Hasil Penelitian Indeks Kepuasan Pelayanan Haji di Indonesia (IKPHDI) 2018, menyatakan ada kenaikan indeks kepuasan jamaah dari pada tahun sebelumnya.

"IKPHDI tahun 1439H/2018M sebesar 87,21 atau sangat memuaskan. Ini mengalami kenaikan sebesar 2,75 dari IKPHDI tahun 1438H/2017M sebesar 84,46. Ini merupakan survei kali kedua," kata Kapuslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, H Muharam Marzuki dalam seminar yang berlangsung di Hotel Sari Pasifik di bilangan Jalan Thamrin Jakarta dan diikuti sekitar 50 peserta, Kamis (22/11).

Tim terdiri dari praktisi, akdemisi, pejabat Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Tim Peneliti Bidang Litbang Haji, Umrah, dan Produk Halal, serta kementerian/lembag terkait.

Muharam mengawali pembukaan seminar dengan menjelaskan tahapan dari penelitian yang mulai dilakukan pada 7 - 22 Mei 2018. Tahapan itu dimulai dari persiapan calon jamaah haji mendaftar, kesiapan pemberangkatan termasuk pelayanan dari semua aparatur Kemenag di seluruh kabupaten/kota di Indonesia hingga kepulangan jamaah haji.

Hasil dari penelitian IKPHDI tahun 2018M/1439H menyimpulkan adanya kenaikan kepuasan pelayanan haji dari tahun sebelumunya.

"Kami tidak hanya sekadar survei, namun kami juga melihat secara langsung dari pelayanan kepada jamaah yang tersebar di 13 asrama haji embarkasi. Survei ini kami lakukan tanpa melakukan pemberitahuan kepada jamaah haji," sambungnya.

Menurut Muharram, ada tiga indikator variabel dalam survei tahun 1439H/2018M, yaitu: mengambil sampel di 13 asrama haji embarkasi dengan total 1.950 responden, variabel pada keberangkatan jamaah haji reguler, dan kepulangan jamaah haji reguler.

Seminar hasil penelitian Survei Indeks Kepuasan Pelayanan Haji di Indonesia ini juga dihadiri Dirjen PHU Prof Dr H Nizar Ali, Sekretaris Deputi Kemenpan RB Hj Devi Atanta, dan anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Dessy Ratnasari.

Dalam kesempatan tersebut, Hj Dessy Ratnasari menyoroti survei terhadap kepuasaan layanan dua maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabia.

Dessy bersama Plt Gubernur Aceh, Forkompimda, dan pejabat dari jamaah Kloter 1 (BTJ-01) dan undangan, ikut sesi pelepasan kloter perdana, di Embarkasi Haji Aceh, Agustus lalu.[]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh