Kepala Biro Kepegawaian Sampaikan Pembinaan di Kanwil Kemenag Aceh

Inmas Aceh 25-11-2021 11:33

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Banda Aceh (Humas)---Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, Nuruddin melakukan pembinaan bagi pejabat struktural di Kanwil Kemenag Aceh. Kegiatan  ini berlangsung di aula Kanwil Kemenag Aceh, Rabu, 24 November 2021.

Nuruddin menyampaikan, Kementerian Agama berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan pelayanan kepegawaian. Ia menjelaskan, Menteri Agama RI memberikan amanat dua hal. Pertama, tata kelola birokrasi. Kedua, manajemen layanan.

"Mudah-mudahan Kemenag jadi lebih maju dan jauh lebih baik, yang sudah kita lakukan sudah baik dan harus lebih baik karena tantangan yang berat," ujarnya.

Ke depan,  kata Nuruddin, sebagai bagian dari peningkatan layanan, Kementerian Agama akan melaunching aplikasi semacam hotline untuk melayani pertanyaan dari pegawai.

Ia menjelaskan, seiring perkembangan teknologi, menjadi suatu keharusan bagi Kemenag untuk memanfaatkannya guna peningkatan layanan.  Semangat ini menurutnya, juga telah muncul di satuan kerja di daerah, hal ini terlihat dari  sejumlah aplikasi yang dikembangkan oleh satuan kerja guna mempersingkat layanan.

"Sekarang banyak aplikasi perlu diintegrasikan agar bapak ibu tidak bingung dengan layanan kita ini," katanya.

"Kemenag sudah jauh berbenah dan melakukan pelayanan dengan maksimal karena kita sudah bertranformasi lebih baik," ujarnya lagi.


Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan, Kemenag Aceh juga terus melakukan pembenahan layanan. Pada tahun 2020, Kemenag Aceh telah melaunching aplikasi APIK 2020 untuk mempermudah layanan kepegawaian. 

"Pada tahun 2020 kita sudah melaunching Apik untuk memberikan kemudahan bagi pegawai terutama dalam usulan kepangkatan, kemudian berkala dan kepentingan lain yang menyangkut kepegawaian semua melalui apik ini, Alhamdulillah sudah jalan. Tujuannya untuk memberikan kemudahan, dan mempersingkatkan birokrasi, kalau manual butuh biaya dan waktu," ujarnya.

Iqbal berharap layanan kepegawaian akan terus meningkat, sehingga akan memberikan kemudahan bagi ASN.

"Karena itu Kepala Biro kami sangat membkhib untuk dapat memberikan bimbingan dan wejangan sehingga Kanwil Kemenag Aceh ada semangat baru, ada ide baru yang kami dapatkan dari Kepala Biro Kepegawaian. Kemudian begitu juga ke depan ada langkah di Biro Kepegawaian untuk mempercepat layanan, mempersempit kemusykilan dari segi waktu, biaya dan tenaga," katanya.

Kategori Kantor Wilayah Aceh Informasi dan Humas
CONNECT & FOLLOW