Aceh Kembali Meraih Medali di Ajang KOMBANAS 2021

Inmas Aceh 12-10-2021 15:29

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Banda Aceh (Humas)--- Sebanyak 7 putra-putri Aceh berhasil meraih medali di tingkat nasional pada ajang Kompetisi Bahasa Arab nasional (KOMBANAS) tahun 2021.

Masing-masing dari mereka yang telah berlomba dalam acara yang diselenggarakan oleh F-MGMP Bahasa arab se Indonesia secara virtual dari tanggal 28 Agustus – 9 Oktober 2021 ialah:

1. Nurul Izzah, dari MIN 9 Kota Banda Aceh berhasil meraih medali perak kategori MI Negeri

2. Nanda Insyirah, dari SMAN Unggul Pidie Jaya berhasil meraih medali perak kategori SMA Negeri

3. Elvira Nurul Apriliani, dari SMAN Unggul Binaan Bener Meriah berhasil meraih medali perak kategori SMA Negeri

4. Anas Hidayatullah, dari MAN Insan Cendekia Aceh Timur, berhasil meraih medali perunggu kategori MA Negeri

5. Muhafizul Mulqi, dari MTs Tgk. Chiek Oemar Diyan, berhasil meraih medali perunggu kategori MTs Swasta

6. Zarvia Mauziana, dari MIN 17 Pidie, berhasil meraih medali perunggu kategori MI Negeri

7. Muhammad Sabri, dari MAS Jeumala Amal, berhasil meraih perunggu kategori MA Swasta.

Sebelum berhasil lolos ketingkat nasional, ketujuh siswa-siswi tersebut telah bersaing di tingkat kabupaten/kota dan provinsi yang dilakukan di madrasah dan sekolah masing-masing.

KOMBANAS merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh F-MGMP BAHAS ARAB SE-INDONESIA dari tahun 2017, 2018, 2019 dan di tahun 2020 di undur ke 2021 disebabkan wabah covid-19. KOMBANAS kali ini diadakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena diadakan secara virtual dimana setiap peserta harus menjawab 50 soal dalam waktu 30 menit melalui akun Edmodo disertai dengan live streaming youtube selama 45 menit.

Ketua F-MGMP Bahasa Arab se- Aceh Ustadz Tanzil Asri, S.Pd.I, M.Ag mengatakan bahwa kami sangat senang dengan adanya event nasional seperti KOMBANAS, karena ini bagian dari mensyiarkan Bahasa Al-Qur’an. Kami juga sangat bangga dengan capaian yang telah diraih oleh putra-putri aceh kali ini di kancah nasional, semoga kedepan bisa lebih baik lagi dengan meraih medali emas. Dan dengan adanya even ini, semoga semangat siswa-siswi untuk belajar Bahasa Arab semakin meningkat.

Ustadz Tanzil menambahkan bahwa pada saat pengumuman juara nasional hari sabtu kemarin, F-MGMP Bahasa Arab juga mengadakan Konferensi Nasional dan pertemuan Guru Bahasa Arab se-Aceh di Café Paopia Garden Pango yang diikuti sebanyak 50 guru, sedangkan yang lainnya mengikuti secara virtual. Pada pertemuan tersebut Tanzil mengharapkan kepada guru-guru Bahasa Arab agar selalu meningkatkan dan mengasah kemampuannya demi terciptanya Bahasa Arab yang masyhur di Aceh atau Kampung Arab di Aceh.[]

Kategori Informasi dan Humas Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW