Akbar Pimpin APRI Aceh Timur Masa Bakti 2021-2025

Inmas Aceh 03-07-2021 13:53

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (Irfan/Humas)---Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia ( APRI) Aceh Drs Erman Jaya MAg Mengukuhkan  Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (PC-APRI) kabupaten Aceh Timur. Prosesi pengukuhan dan pelantikan di pusatkan di Aula Kantor Kemenag Aceh Timur, Sabtu (3/7/2021).

PC APRI Aceh Timur dipimpin Akbar S.HI. Pria kelahiran Pidie Jaya 5 Februari 1978 tersebut juga menjabat sebagai Kepala KUA Banda Alam. Iaresmi dilantik sebagai Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Aceh Timur Periode 2021-2025. 

Untuk diketahui susunan Pengurus APRI Aceh Timur Periode 2021-2025 sebagai berikut, Akbar S.HI sebagai ketua, Muliadi sebagai sekretaris, dan Marzuki sebagai bendahara. Selain pengurus inti, susunan pengurus juga diisi dengan nama-nama penghulu di sejumlah bidang, baik sebagai ketua bidang maupun anggota.

Dalam arahan dan sambutannya Kanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg  mengharapkan agar seluruh penghulu tergabung dalam APRI dapat menjadikan wadah untuk meningkatkan kualitas para penghulu di daerah itu.

"Melalui APRI ini, manajemen penghulu yang sebagian besar merupakan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dapat memperbaiki manajemen, sehingga anggaran yang di plot benar-benar tepat sasaran," kata Iqbal.

Soal Jasa Profesi (jaspro), mantan kepala Kanmenag Aceh Selatan dan Abdya itu meminta dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi spritual dan sosial para penghulu.

"Kami juga ingatkan para penghulu agar jangan sesekali mengeluarkan di luar jalur atau membuat buku-buku nikah 'aspal'. Muda-mudahan penghulu bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan profesi sebagai penghulu," ungkap orang Nomor Satu dilingkungan Kanwil kemenag Aceh.

Terakhir Iqbal mengatakan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan  penghulu dalam menjalankan tugas di antaranya aspek manajerial, aspek spiritual, dan aspek sosial.

Menurutnya, manajemen di KUA harus tertib, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

"Aspek manajemen tersebut ada aspek keuangan. Anggaran bisa dipergunakan dengan baik sehingga kinerja kita bisa diukur dari sistem manajerialnya dan kita tidak bermasalah," katanya. 

Turut Hadir Kanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg,MAg . Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur, H.Salman S.Pd,M.Ag, Kasubbag TU H.Akly S.Ag MH, Ketua APRI Aceh Erman Jaya, dan para kasi serta kepala madrasah dan Peyuluh Agama Islam Fungsional.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW