CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Sambut HAB Kemenag ke-75, Seluruh Satker di Kemenag Bener Meriah Baksos di Sejumlah Masjid

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 484
Jumat, 27 November 2020
Featured Image

Redelong (Yusra/Zulkifli)---Jauh-jauh hari menjelang peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-75 tahun 2021 yang jatuh pada hari Ahad (3/1/2021), seluruh satker yang ada di lingkungan Kankemenag Bener Meriah mengadakan bakti sosial (baksos).

Baksos dengan membersihkan lingkungan sekitar madrasah dan tempat ibadah (masjid dan mushalla) terdekat.

Kakankemenag Bener Meriah Drs H Hamdan MA juga ikut memonitoring ke beberapa instansi madrasah. Tim melihat langsung kegiatan bakti sosial secara bergotong royong membersihkan halaman, kamar mandi dan ruangan masjid.

Seperti yang dilakukan MIN 2 Bener Meriah yang melibatkan kepala madrasah, semua guru-guru, dan semua siswa/i di Masjid Baitul Rahman Kampung Tingkem Kecamatan Bukit Bener Meriah.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.45  sampai dengan pukul 10.30 WIB, Jumat (27/11) pagi.

Dalam rangka memperingati HAB Januari 2021, juga jajaran pegawai Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Bener Meriah dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Bener Meriah menggelar bakti sosial bersih-bersih di lingkungan masjid dan mushlla.

Bakti sosial diawali dengan membersihkan sampah di halaman sekitar masjid Baitul Rahman yang dibangun sekitar 1966 Desa Tingkem, Kecamatan Bukit Kab. Bener Meriah.

Berikutnya pasukan kebersihan HAB bergerak menuju tempat wudhuk dan kamar mandi untuk melakukan hal yang serupa.

Melihat aksi ini masyarakat sekitar masjid, turut senang dan mendukung gerakan kebersihan lingkungan yang digagas oleh Kepala kantor Kemenag Bener Meriah H Hamdan.

Didorong rasa kebersamaan pekerjaan berat teras ringan. Dalam waktu sekejab seluruh sampah di pekarangan masjid tersebut lenyap seketika. Tidak hanya  sampai di situ pasukan bersih-bersih lingkungan  juga menyisir selokan di sekitar Masjid Baitul Rahman.

H Hamdan selaku Kemenag Bener Meriah dengan  rela turun tangan mengayunkan sapu dan sikat membersihkan tempat wudhuk di masjid tersebut.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kemenag Bener Meriah dalam rangka memperingati HAB Kemenag setiap tahunnya.

Kakankemenag juga berharap melalui kegiatan bakti sosial tersebut para ASN, pramubakti dan siswa/i senantiasa menjaga kebersihan sehingga menciptakan lingkungan yang baik.

"Semoga melalui kegiatan bakti sosial ini bisa menjadikan kita untuk tetap menjaga kebersihan," harap Hamdan.

Jarniati SPdI selaku kepala MIN 2 Bener Meriah menginformasikan bahwa apa yang mereka lakukan ini mengajarkan kepada siswa/i agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama masjid sebagai sarana tempat ibadah.

Ia juga menyampaikan bahwa semua siswanya turut hadir untuk melakukan bakti sosial di masjid tersebut mulai dari menyapu, ngepel, hingga membersihkan kamar mandi dan tempat wudhuk.[yyy]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh