Kemenag Aceh Timur Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAI

Inmas Aceh 25-11-2020 17:03

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (Irfan)---Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur, Saiful Bahri, S.Pd, M.Pd membuka secara resmi workshop peningkatan kompetesi guru PAI tingkat SMP dalam rangka mengimplementasikan pembelajaran pendidikan Agama Islam pada masa New Normal terhadap pengembangan PTK guru di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Acara tersebut  diikuti 30 peserta  dan akan berlangsung dari tanggal 25-28 November mendatang.

Acara yang digagas oleh Seksi PAIS Kemenag Aceh Timur tersebut bekerja sama dengan MGMP PAI SMP dan KKG SMP dilaksanakan di Aula Serbaguna SMPN 1 Idi Rayeuk, Rabu (25/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Saiful Bahri meyampaikan, guru merupakan komponen penting dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan nasional di sekolah. Oleh karenanya, diperlukan guru yang berkualitas dan profesional dalam mendidik anak-anak bangsa.

Dia mengingatkan, peran utama guru PAI yaitu mengawal perilaku keagamaan anak-anak. Guru PAI, menurutnya, jangan hanya transfer pengetahuan tapi juga mampu mengubah perilaku anak-anak dan mengajak orang tua untuk mengawasi anak.

“Meski katanya gurunya anak-anak sekarang ini TV, HP, dan sejenisnya tapi keberadaan guru tetap sangat penting. Guru PAI dikenang karena nasehat dan keteladanan kita sehingga mereka menjadi anak-anak soleh,” tegasnya.

Lebih lanjut Saiful bahri menyampaikan, para peserta harus bangga menjadi guru.

"Kita harus berbahagia menjadi seorang guru,tanamkan keikhlasan dan yang lebih penting semangat keikhlasan dalam mendidik siswa dan siswi apalagi di masa pandemi Covid-19," katanya.

Saiful berharap kepada guru supaya menjadi garda terdepan dalam proses mendidik anak bangsa yang lebih berkualitas lagi di masa mendatang.

Sementara itu, Kasi PAIS Faisal S.Ag dalam arahannya mengatakan, pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi suatu keniscayaan saat pandemi. Sebab itu diharapkan GPAI menjadi pelopor dalam pembelajaran di era new normal.

"Saat ini Pemerintah sangat gencar mengkompayekan Porotokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan serta menjaga jarak,disini kita sebagai Guru PAI juga bisa memamfaatkan situasi ini dengan mengkompayekan pendidikan kepada siswa dengan Cara berwudhuk dan lainnya," papar Faisal.

Sementara itu, Kabid pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur Muslim,Z, S.Pd,M.Pd, mengatakan,  GPAI diharapkan menjadi barisan paling depan dalam pembelajaran di era pandemi Covid-19.a1

Penguasaan teknologi, menurutnya menjadi keharusan bagi guru PAI dalam pembelajaran di tengah merebaknya virus Corona.

Sudah seharusnya GPAI menguasai teknologi informasi sehingga bisa menggerakan pembelajaran efektif dan efisien.

“Jangan hanya siswanya saja yang disuruh untuk belajar, guru juga harus terus belajar dan mengembangkan diri," paparnya.

“Saya percaya MGMP-PAI selalu memberi contoh MGMP lain untuk senantiasa memfasilitasi anggotanya untuk terus berkembang, dibuktikan dengan adanya workshop dan pelatihan yang diselenggarakan akhir-akhir ini," tuturnya.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW