HSN 2020, Kontribusi Santri untuk Negeri Terbukti Ujar Kakankemenag Singkil

Inmas Aceh 22-10-2020 19:03

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, H. Saifuddin, SE mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-6 yang diperingati pada 22 Oktober 2020.

"Selamat Hari Santri ke-6, santri sehat Indonesia kuat. Momen HSN ini untuk mengenang kiprah santri untuk negeri ini," ucap Saifuddin.

Menurutnya, peringatan Hari Santri yakni, untuk mengenang perjuangan para santri untuk negeri ini, baik dalam meraih kemerdekaan maupun sekarang ini, eksistensi santri terus ada.

Penetapan Hari Santri pada 22 Oktober tidak terlepas dari sejarah resolusi jihad yang dikumandangkan KH Hasjim Asy'ary pada 22 Oktober 1945 untuk menghalau masuknya sekutu yang ikut diboncengi Belanda.

"Tahun ini sudah tahun ke-6 kita peringati, ditetapkan HSN ini menjadi spirit baru bagi kalangan dayah/pesantren  mampu melahirkan kader-kader yang punya kapasitas global, melahirkan pemimpin-pemimpin di masa mendatang," kata Saifuddin.

Menurutnya, peringatan hari santri merupakan sebuah penghargaan dan kehormatan bagi santri, selain itu negara memberi fasilitasi dan peluang bagi santri untuk berekspresi, juga diharapkan menjadi dasar untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas

"Dari latar belakang historis, hari santri punya peran besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan sebagai tindak lanjut dari penetapan Hari Santri, pemerintah dan santri diharapkan bersinergi yang mendorong komunitas santri ke poros peradaban Indonesia yang lebih baik," ujarnya.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW