Kemenag Aceh Singkil Gelar Rakor Dalam Rangka Persiapan Belajar Tatap Muka Era New Normal TA 2020/2021

Kankemenag Aceh Singkil 19-06-2020 10:12

Kemenag Aceh Singkil (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Singkil)

Singkil (Darma) –  Kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Singkil melalui seksi Pendidikan Islam menggelar kegiatan rapat koordinasi persiapan belajar tatap muka era new normal (Kamis, 18 Juni 2020 di aula Lt. II Kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Singkil).

Dalam Rakor tersebut dihadiri oleh Kadis Disdikbud Khalilullah, S. Pd, Para pengawas Madrasah dan Para Kepala Madrasah di Kabupaten Aceh Singkil.

Dalam Sambutannya, Kakankemenag Kab. Aceh Singkil menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kadis Disdikbud. “Terimakasih Pak Kadis Disdikbud telah dapat berhadir dalam acara rakor ini yang pada sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan kami sehingga melahirkan sebuah produk kalender pendidikan bersama antara Disdikbud dengan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil”. Tutur Salihin.

Dalam sambutannya juga Salihin berharap kepada Kepala Madrasah se Kab. Aceh Singkil agar dapat menindaklanjuti Keputusan Dirjen Pendis Nomor 2491 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 dan keputusan bersama antara Menteri Pendidikan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaran Pembelajaran Pada Tahun ajaran dan Tahun Akademik di Masa Pandemi Covid 19 serta selalu berkoordinasi dengan Pendis Kemenag Kabupaten Aceh Singkil.

“Daripada itu saya sangat mengapresiasi kinerja Pendis yang telah menggagas acara ini sehingga bisa melahirkan kesepakatan bersama dengan pengawas dan kepala madrasah”. Urainya.

Kemudian, Kadis Disdikbud mendapat kepercayaan dari Kakankemenag Kab. aceh singkil untuk membuka secara resmi Rakor pembelajaran tatap muka era new normal. Kadis Disdikbud menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya atas undangan dari kemenag sehingga terjalin kerjasama lintas sektoral antara Disdikbud dan Kemenag. “Dalam penanganan Covid-19 ini tidak ada perbedaan antara madrasah di kemenag dengan sekolah di Pemkab Aceh Singkil, kita berharap bekerjasama dengan baik sehingga pendidikan di Aceh Singkil dapat lebih berkualitas. Dalam kesempatan ini saya sampaikan kedepan dalam pembelajaran tatap muka kita akan mengadakan simulasi sebagai sampel pembelajaran era new normal baik disdikbud maupun kemenag sehingga bisa menjadi bahan untuk di kirimkan ke provinsi dan nasional”.  Tutur, Khalilullah

Sementara itu, Kasi Pendis Kemenag Aceh Singkil juga menyampaikan sosialisasi tentang pembelajaran era new Normal merujuk pada panduan keputusan Dirjen Pendis Nomor 2491 Tahun 2020 dan menjelaskan teknis teknis dan upaya upaya yang bisa di lakukan madrasah dalam era new normal.

Kemudian, di tengah suasana rapat juga banyak mendapat tanggapan dari para peserta rapat salah satunya, Kepala MAN Singkil menyampaikan agar ada bantuan-bantuan yang bisa diberikan oleh Pemda Kab. Aceh Singkil dan Kemenag Aceh Singkil dalam rangka persiapan belajar tatap muka tahun pelajaran 2020/2021.

Selanjutnya, pengawas madrasah Husnati, S. Ag juga mengatakan untuk kekurangan kekurangan baik sarpras maupun lainnya yang berkaitan dengan penanganan covid 19 dikoordinasikan dengan pemerintah desa setempat, dan diteruskan oleh Damurianto, MM bahwa pelaksanaan tatap muka dilaksanakan 13 juli 2020 sesuai dengan kemampuan dan kesiapan madrasah.

Terakhir Kasi Pendis mengajak semua kepala madrasah dan guru agar banyak berdoa kepada Allah SWT. “Mudah-mudahan kita diberikan kesehatan dan kekuatan, semoga Allah SWT segera mengangkat wabah Covid-19 ini”. Tutupnya

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW