CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Meski Work From Home, KUA di Aceh Tetap Layani Masyarakat

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 991
Jumat, 27 Maret 2020
Featured Image

Banda Aceh (Humas)---Di tengah merebaknya wabah Corona, seluruh ASN Kemenag Aceh tidak terkecuali pegawai KUA Kecamatan wajib bekerja dari rumah mulai 26-31 Maret 2020. Hal itu sesuai dengan surat edaran Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2020.

Namun pemberlakuan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah  tidak mengganggu pelayanan kehendak nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariat Kemenag Aceh, Drs Hamdan MA  mengatakan, di tengah merebaknya wabah Covid-19, pelayanan di KUA dilakukan secara online. Warga bisa menghubungi pihak KUA Kecamatan tertentu jika membutuhkan pelayanan.

"Para Kepala KUA, penghulu dan ASN  melakukan pelayanan secara online atau via Whatsapp," kata Hamdan, Jumat 27 Maret 2020.

Namun, jika memang dalam keadaan mendesak, pegawai  KUA akan datang ke kantor atau ke tempat pelaksanaan akad nikah sesuai surat perintah.

Hamdan menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi untuk mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat.

"Berbagai inovasi dilakukan, baik  melalui surat kabar lokal, radio,  spanduk, papan pengumuman maupun baliho untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa layanan untuk kehendak  nikah tetap dilakukan baik yang sudah ada jadwal maupun yang mendaftar secara online, segala persyaratan tetap seperti biasa," ujar Hamdan.

Hanya saja, kata Hamdan, ada aturan tambahan bagi pasangan yang ingin melakukan pernikahan di masa darurat Corona seperti saat ini, seperti, akad nikah harus di ruangan terbuka atau berventilasi sehat, jumlah pengunjung hanya 10 orang termasuk wali nikah, saksi, petugas dan anggota keluarga, pengunjung diwajibkan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum masuk ruangan.

"Ketentuan tambahan adalah bentuk upaya dari pencerah tersebarnya virus corona, tugas mulia ini mempunyai tantangan tersendiri bagi para Penghulu dan ASN yg berhadapan langsung dengan masyatakat, kita berharap agar masyarakat mendukung  upaya ini demi utk kemaslahatan bersama," kata Hamdan.

Atas langkah sigap jajaran KUA di Aceh, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI m, Dr. H. Muharram, Ph.D menyampaikan apresiasinya kepada Kanwil Kemenag Aceh sampai ke jajaran KUA di Aceh.

"Terimakasih kepada jajaran Kanwil Kemenag Aceh semoga  bisa diikuti oleh KUA lainnya," katanya. []

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh