CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Jelang Pemilihan Ketua OSIM, Siswa MTsN 1 Aceh Barat Dibekali Pendidikan Politik

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1105
Kamis, 16 Januari 2020
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Aceh Barat dibekali pendidikan politik pemula oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat. Hal tersebut berlangsung di MTsN 1 Aceh Barat, Kamis (16/1) beberapa saat sebelum proses pemilihan secara langsung atau pencoblosan calon ketua dan wakil ketua OSIM.


Kegiatan kerjasama MTsN 1 Aceh Barat dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat tersebut, dalam rangka pemilihan raya Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM).


"Ini sebagai upaya implementasi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)," jelas Kepala MTsN 1 Aceh Barat, Dra. Asmanidar.


Asmanidar menyampaikan, pihaknya sangat mendukung kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) sebagai wujud nyata pendidikan demokrasi sejak dini bagi siswa madrasah.


Ia menyebutkan, dalam pesta demokrasi tingkat Madrasah Tsanawiyah tersebut, diikuti oleh lima pasangan calon dan 270 pemilih, dari unsur siswa dan guru MTsN 1 Aceh Barat.


"Suara terbanyak diperoleh pasangan calon nomor urut 5, M. Haikal dan M. Gusti, dengan meraup 199 suara," ucapnya.


Sementara itu, Ketua KIP Aceh Barat, Novian Nukman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata pendidikan demokrasi sejak dini kepada siswa, yang nantinya akan menjadi Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilu yang akan datang.


"Melalui kegiatan ini, akan memberikan pemahaman yang baik kepada para siswa tentang proses Pemilihan Umum, serta mengajarkan mereka untuk berkompetisi dengan baik dalam bingkai demokrasi, siap menang dan siap kalah," ungkapnya.


Pada kegiatan tersebut, MTsN 1 Aceh Barat juga menyerahkan penghargaan kepada KIP Aceh Barat sebagai dedikasi dan partisipasi dalam mendukung, mengarahkan dan menyukseskan kegiatan tersebut. Hal tersebut diserahkan oleh Pembinaan OSIM MTsN 1 Aceh Barat, Ahmad Drani.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh