Gerhana Bulan Panumbra, KakanKemenag Aceh Singkil Imbau Perbanyak Ibadah

Kankemenag Aceh Singkil 10-01-2020 16:43

Kemenag Aceh Singkil (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Singkil)

Singkil (shr) - Gerhana Bulan penumbra diperkirakan terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020. Gerhana bulan ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada tiga fase gerhana bulan penumbra yang terjadi akhir pekan nanti.

Gerhana bulan tersebut dapat dilihat mulai pukul 00.05 WIB dan berada pada puncaknya pada pukul 02.10 WIB. Sementara gerhana bulan ini akan berakhir pada 04.14 WIB.

Sementara itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh persiapkan 3 teleskop untuk memantau gerhana bulan penumbra yang akan terlihat di Aceh.

Hendra Sudirman selaku Kepala Seksi Bimas Islam KenKemenag Kab. Aceh Singkil mengatakan, Gerhana bulan Penumbra akan terlihat di Aceh pada sabtu (11/1) dinihari dapat di lihat melalui laman page observatorium Tqk Chiek Kuta Karang, Lhoknga Aceh Besar. Hal ini tentu bagi sebahagian daerah di Aceh tidak bisa menyaksikan penomena alam tersebut. Mengingat gerhana bulan penumbra tidak bisa terlihat dengan kasat mata melainkan harus menggunakan teleskop.

Kemudian Kakankemenag Kab. Aceh Singkil, Salihin Mizal juga menghimbau kepada masyarakat untuk menyikapi fenomena alam ini dengan memperbanyak ibadah, melakukan dzikir, memperbanyak sedeqah dan melakukan shalat khusuf. Hal ini membuktikan kita sebagai umat yang beriman sudah selayaknya dan sepatutnya  mengagungkan kebesaran Allah SWT dengan memperbanyak amal ibadah.[] 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW