CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Upacara Peringatan HAB Ke 74, Plt Bupati Aceh Selatan Bacakan Amanat Menteri Agama RI

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 905
Jumat, 3 Januari 2020
Featured Image

Tapaktuan (Dedi Armansyah)--- Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran bertindak sebagai inspektur upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama tingkat Kabupaten Aceh Selatan, di halaman Kantor Bupati Lama, Tapaktuan Aceh Selatan, Jumat (3/1).

Bertindak sebagai komandan upacara Sasfinda Jufri S Ag, sebagai perwira upacara, Kepala MTsN 2 Aceh Selatan Patani Hasma S Ag, pembaca Ayat Suci Al-Qur'an Kepala MTs Darul Aitami Drs M Ali Nur, pembaca doa Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam H M Suryadi Anwar S Ag, pembaca Undang Undang Dasar 1945, Asbaruddin S Pd I, pembaca Panca Prasetya Korp Republik Indonesia Delfianto, pembaca kode etik pegawai Kementerian Agama Rahmi Daslinah S Pd, MC Wilya Murti M Pd dan Obade MAN 1 Aceh Selatan.

Dalam amanatnya, Plt Bupati Aceh Selatan membacakan Amanat Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) pada peringatan HAB ke 74 tahun 2020.

Beliau menyampaikan, Hari ini, kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama. Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu.

Undang-Undang Dasar negara kita, pasal 29, menegaskan “Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.” dan “Negara menjamin kemerdekaan tiap tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

Ketentuan tersebut mengandung pengertian dan makna sebagai berikut: Pertama, dasar Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan fundamen moral yang harus melandasi penyelenggaraan negara, pemerintahan dan pembangunan serta menyinari seluruh ruang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kedua, negara secara aktif melindungi hak dan kewajiban beragama dalam masyarakat serta kemerdekaan beribadat bagi setiap pemeluk agama.

Dalam kesempatan memperingati Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama ini, secara khusus beliau juga  mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia khususnya dan jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Selatan untuk memperhatikan 6 (enam) hal sebagai berikut:

1. Pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara;

2. Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan;

3. Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan;

4. Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat;

5. Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan. 

6. Implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Akhirnya, saya meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama. Semoga pengabdian saudara-saudara kepada negara, bangsa dan agama selalu mendapat ridla Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Kutip beliau.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh