Kemenag Aceh Kalibrasi Ulang Arah Kiblat Masjid Tgk Chik Di Pante Geulima Pidie Jaya

Inmas Aceh 05-12-2019 17:50

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Pidie (Inmas) - Tim Observatorium Kanwil Kementerian Agama memenuhi permintaan pengukuran arah kiblat mesjid Agung Tgk Chik Di Pante Geulima Kabupaten Pidie Jaya, Kamis, (5/12/2019). 

Hasil pengukuran yang dilakukan tim dan Abu Tanjong Bungong menunjukkan arah kiblat mesjid Agung Pidie Jaya saat ini memiliki selisih 10 derajat dari arah kiblat yang seharusnya di arah 292,21 derajat. 

Dalam kesempatan tersebut, Abu menyarankan untuk mengoreksi arah kiblat mesjid agung karena telah ada hasil pengukuran yang lebih akurat dan lebih tepat dari tim ahli. “Lain halnya jika kita tidak ada ilmu tentang itu. Maka tidak masalah. Untuk kesempurnaan ibadah, khususnya dalam hal arah kiblat, saran saya pribadi, hendaknya dibenarkan.” Ujar Abu Tanjong Bungong. 

Meski demikian, Abu juga berpesan agar hasil pengukuran oleh tim Kementrian Agama Provinsi hari ini dimusyawarahkan terlebih dahulu supaya tidak terjadi miskomunikasi dan mispersepsi masyarakat terkait koreksi arah kiblat mesjid Agung Tgk Chik Di Pante Geulima Kabupaten Pidie Jaya

Selain melakukan pengukuran, tim bersama Abu juga menggunakan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan beberapa metode dan alat ukur arah kiblat kepada imam mesjid, pejabat dan masyarakat, yang hadir. Mulai pengukuran dengan theodolit, rubu’ al mujayyad, istiwa a’dham, juga kompas dan android untuk penggunaan sehari-hari di rumah. []

Kategori Kantor Wilayah Aceh Informasi dan Humas Urusan Agama Islam & Pembinaan Syariah
CONNECT & FOLLOW