CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Ujian Semester Madrsah Menggunakan Android Mulai di Terapkan di Subulussalam

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 497
Selasa, 3 Desember 2019
Featured Image

Subulussalam (Faisal)--- Madrasah di Kota Subulussalam yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, yakni madrasah, tidak hanya melaksanakan ujian berbasis komputer, tetapi juga mulai menerapkan sistem ujuan berbasis android sehingga lebih praktis.Selasa (3/12)

"Pada ujian semester  Madrasah, madrasah di Kota Subulussalam selain menggunakan  komputer juga menggunakan android," kata Sahdin Boang Manalu selaku Kasi Pendidikan Islam Kankemenag Subulussalam.

Menurut dia, ujian dengan menggunakan android merupakan upaya mengatasi kekurangan sejumlah Madrasah yang terkendala terbatasnya peralatan komputer.

Ujian menggunakan android sukses dilaksanakan diantaranya ialah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan 2 Subulussalam saat ujian semester.

"Pelaksanaan ini berdasarkan program dari Kanwil Kemenag Provinsi Aceh dan juga di tingkat nasional, agar semua ujian dilaksanakan dengan sistem digital," katanya.

Sahdin menjelaskan, pada awalnya siswa merasa kesulitan dengan ujian menggunakan android. Namun setelah diuji coba beberapa kali dan mulai beradaptasi, akhirnya ujian semester berjalan sukses dan lancar.

"Penggunaan melalui android pada ujian dinilai positif karena memberi banyak manfaat dan kemudahan bagi Madrasah jika dibanding ujian menggunakan metode lama yaitu kertas dan pensil," ungkap Sahdin.

Manfaat yang dirasakan pada ujian semester berbasis online tersebut antara lain ialah.

1. Seluruh soal ujian sama seluruh Kabupaten/kota yang ada di provinsi Aceh.

2. Memudahkan guru dalam menilai mutu siswa.

3. Pihak Madrasah tidak lagi menggunakan secara manual  dan adanya penghematan anggaran

4. Pihak Madrasah dan masyarakat dituntut untuk memahami teknologi.

Sahdin mengatakan, pihaknya tidak khawatir terhadap potensi kecurangan yang dilakukan siswa, sebab saat perangkat mereka terkoneksi dengan server melalui kode tertentu, secara otomatis program lainnya tidak bisa dibuka.



Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh