Bupati Shabela Buka Diskusi FKUB Kabupaten Aceh Tengah

Kankemenag Aceh Tengah 02-12-2019 13:48

Foto bersama setelah pembukaan acara FKUB (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tengah)

Takengon (Alfansyie) --- Bupati Kabupaten Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar secara resmi buka kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Tengah di Hotel Bayu Hill. Senin (2/12/19).

Dihadapan Bupati, Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Aceh Tengah sekaligus sebagai Wakil Ketua FKUB, Wahdi MS MA melaporkan bahwa kegiatan FKUB kali ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari unsur anggota FKU Kabupaten Aceh Tengah, unsur Pemuka Agama, Tokoh Agama, Kejaksaan, Kodim serta Kepolisian.

Lanjutnya, dengan mengangkat tema "Kerukunan Internal Umat, Tonggak Penegakan Syariat", Wahdi MS MA mengharapkan kerukunan Umat yang mayoritas muslim di Bumi Aceh Tengah dapat mewarnai wajah Syariah Islam.

"Harapan kami, dengan acara yang mulia ini kami berharap kerukunan Umat Islam di Republik ini, khususnya di Aceh Tengah dapat diberikan kekuatan dan mewarnai wajah syariah di permukaan bumi Aceh Tengah." Ungkap Wahdi MS MA.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Shabela Abubakar memberikan arahan dan bimbingan sekaligus membuka FGD tersebut. Dalam bimbingan dan arahan yang disampaikan, Shabela mengapresiasi kegiatan FKUB tersebut karena dengan itu dapat memperkokoh kerukunan umat Islam secara internal.

Lanjutnya, Shabela mengatakan bahwa dengan fenomena arus globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini membawa dampak pada nilai-niali agama dan budaya.

"Kemajuan globalisasi dan teknologi informasi seperti televisi, internet dan handphone memberikan dampak pada pendangkalan akidah, kemerosotan moral hingga perubahan pada nilai - nilai budaya yang telah menjadi tradisi sejak lama."

Shabela menilai, hal tersebut menjadi bagian dari tantangan di internal umat muslim untuk menyikapi dengan bijak, oleh karnanya peran tokoh agama serta stikeholder dapat bekerja sama untuk menjaga kerukunan umat islam, salah satunya dengan cara mentransformasi nilai-nilai agama islam kedalam budaya lokal.

Dalam kesempatan FKUB itu, yang memaparkan materi adalah Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Dr Syamsul Rizal dengan judul materi Peran FKUB Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dengan moderator, Kepala Baitul Mal Aceh Tengah, Tgk. Ridwan Qari. []

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW