CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Guru PAI di Aceh Barat Dilatih PPKB

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 967
Selasa, 26 November 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Sejumlah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Aceh Barat dilatih Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat hingga Kamis (28/11).


Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs. Tharmizi menjelaskan, Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) merupakan upaya dalam meningkatkan profesi guru agar dapat berkolaborasi dalam meningkatkan pengetahuan dan mencapai perubahan dengan baik, 


"Kegiatan ini bermanfaat untuk menentukan strategi-strategi yang akan diterapkan ke dalam kelas," tambah Tharmizi saat memberi arahan sekaligus membuka kegiatan pelatihan PPKB Guru PAI, Selasa (26/11).


Selain itu, Tharmizi menyampaikan tanggapan terhadap Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim saat memperingati Hari Guru Nasional 2019 pada Senin (25/11) kemarin.


Menurutnya, pidato Mendikbud RI tersebut benar-benar sangat bagus dan patut diapresiasikan, karena dalam pidatonya betul-betul memperjuangkan profesi guru untuk fokus dalam membentuk masa depan bangsa.


Dalam pidato Nadiem, Ia akan memperjuangkan kemerdekaan belajar di Indonesia. Menurutnya saat ini guru yang ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa lebih sering diberikan aturan daripada pertolongan, dan ketika ingin membantu murid yang ketertinggalan di kelas, tetapi waktunya habis untuk mengerjakan administrasi tanpa manfaat yang jelas.


"Dari sekian Mendikbud, baru Menteri yang sekarang yang  mengatakan seperti itu. Ini memang yang diharapkan oleh semua guru," ungkap Tharmizi yang juga pernah menjadi Guru Matematika di Madrasah.


Sementara itu, Plh. Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama kabupaten Aceh Barat, H. Ikhwan IS, S.Pd.I menyebutkan, pelatihan PPKB Guru PAI tersebut diikuti oleh 60 guru PAI sertifikasi jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Aceh Barat.


Ikhwan menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan untuk pemetaan profesi guru untuk melaksanakan transfer ilmu kepada peserta didik dengan baik, serta dapat meningkatkan mutu pelajaran di kelas.


Adapun pemateri kegiatan tersebut yaitu unsur Pengawas PAI Drs. Marzuki dan Khairil Anwar, S.Pd.I., M.Si, dan Guru PAI nilai terbaik pada Pretest PKB PAI Online 2018, Isyrahli, Rusnilawati, Marliana, dan Eni Yusnidar. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh