KUA Ulee Kareng Menerima Kunjungan Kakankemenag Sabang

Kankemenag Banda Aceh 07-11-2019 17:14

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Banda Aceh)

Banda Aceh (Heri Ulka) – Dalam rangka untuk  peningkatan kualitas layanan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kota Sabang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang beserta jajarannya mengadakan kunjungan studi banding ke KUA Ulee Kareng Banda Aceh, Kamis (7/11/2019) di Ulee Kareng Banda Aceh.

Kehadiran rombongan Kankemenag Sabang dipimpin oleh Kepala Kantor Kemenag Sabang Drs. H. Marzuki, disambut oleh Kakankemenag Banda Aceh Drs.H. Asy’ari, M.Si bersama Kasi. Bimas Islam H. Juniazai, S.Ag, M.Pd dan juga Kepala KUA Ulee Kareng Nasruddin, S.Ag.

Kepala KUA Ulee Kareng Nasruddin, S.Ag, memaparkan berbagai hal terkait upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini di KUA yang dipimpinnya. Sejak bertugas di Ulee Kareng sejak 2017 dirinya dibantu rekan se-kantornya banyak melakukan inovasi dalam mengembangkam program kegiatan.

Ketika akan membuat inovasi, tentu kita harus tahu dulu ada permasalahan apa di sekitar upaya melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari di KUA, maka kita akan berfikir untuk bisa memberikan solusi, dari sinilah ada inovasi. 

Kakankemenag Banda Aceh Drs.H.Asy’ari, M.Si menyampaikan  penentuan visi dan misi KUA Ulee Kareng  tidak terlepas dari upaya identifikasi masalah yang dihadapi. Seiring dengan itu juga mengikuti irama senada dengan pelaksanaan tugas dan fungsi yang melekat pada KUA. Lalu dikemas dan dibuat program-program unggulan dalam layanan yang semuanya dipadu sesuai dengan perkembangan Informasi Teknologi, atau dalam istilahnya berbasis IT. Dari sinilah di KUA Ulee Kareng dibuat aplikasi Simpadu, yakni Sistem Informasi pelayanan terpadu, tambah H. Asy’ari.

Di KUA Kecamatan Ulee Kareng  sebagai salah satu KUA percontohan di Banda Aceh melaksanakan Pusaka Sakinah didapat banyak informasi bahwa dalam Pusaka Sakinah ada tiga program yakni bimbingan perkawinan (Bimwin) Pranikah, konsultasi keluarga dan pendampingan keluarga.

"Intinya adalah upaya penguatan hubungan pasangan pasca nikah, dan mengantisipasi perceraian." ujar Drs H. Asy’ari, M.Si , Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh yang  diiyakan Kasi Bimas Kankemenag Banda Aceh H. Juniazi, S.Ag, M.Pd 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW