Kakankemenag Aceh Selatan Buka Workshop Penyusunan Soal HOTS

Kankemenag Aceh Selatan 07-11-2019 11:34

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Selatan)

Tapaktuan (Dedi Armansyah)--- Melalui Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas), Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Selatan mengadakan Workshop Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher, Order, Thinking, Skill) dalam rangka peningkatan kompetensi guru madrasah, Kamis (7/11).

Kegiatan yang diikuti oleh guru madrasah, baik tingkat Tsanawiyah maupun Aliyah ini yang berjumlah 40 orang, berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 7 sampai dengan 8 November 2019 di aula Kankemenag Aceh Selatan.

Drs Mukhlis (Kepala Seksi Pendidikan Madrasah), dalam sambutannya menyampaikan dengan perkembangan kurikulum yaitu Kurikulum 2013, banyak merubah dinamika pendidikan, oleh karena itu solusi atau langkah yang diambil adalah dengan melakukan workshop ini khusus untuk guru MTs dan MA, sehingga bisa memahami seberapa hotsnya perkembangan pendidikan saat ini dengan terus mengasah kemampuan berpikir.

Beliau menambahkan, menjadi hal yang sangat penting untuk memahami penyusunan soal HOTS ini sebagai kemampuan berpikir kreatif, inovatif dan logika tinggi untuk peningkatan kualitas guru madrasah.

Beliau berharap kepada guru yang ikut workshop ini untuk bisa mensosialisasikan atau mentransfer ilmunya yang didapat dari Widiaisuara (WI) dari Balai Diklat Keagamaan Aceh (BDKA) yaitu Bapak Amirullah, kepada guru rekan dan guru junior di madrasah masing masing.

Kakankemenag Aceh Selatan Rislizar Nas S Ag dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka kegiatan pelatihan dimaksud juga mempunyai harapan yang sama dengan Kasi Penmad, berharap agar peserta atau guru yang ikut mewakili guru yang lain, untuk mentransfer ilmunya yang didapat dalam workshop ini.

Beliau hanya berpesan beberapa hal, yang pertama agar peserta betul betul mengikuti, interaktif dan dapat menguasai ilmu pengetahuan dalam menyusun soal HOTS ini, kedua transfer ilmu yang didapat supaya semua guru madrasah punya keterampilan dalam merekayasa dan menyusun soal HOTS, yang terakhir budayakan terus atau terapkan terus kepada anak didik soal soal dengan skala tinggi, supaya ketika anak anak dihadapkan dengan soal soal seperti itu bisa diselesaikannya, harap beliau.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW