CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Barat Uji Kompetensi Guru

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1173
Rabu, 30 Oktober 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Untuk mencerdaskan generasi, tentu harus ada yang mendorong. Pendorong yang baik adalah seorang guru yang berkualitas dan mampu mengajar dengan baik. 


Dalam upaya peningkatan kualitas guru, pihak pemerintah terus melakukan pembenahan. Seperti halnya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) menguji kualitas guru dengan mengadakan Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru madrasah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Aceh Barat, Rabu (30/10).


Panitia Penyelenggara UKG, Syafrizal, S.HI menyebutkan, pada ujian kompetensi tersebut diikuti oleh 491 guru madrasah di Aceh Barat, meliputi guru tingkat Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).


"Semua guru madrasah yang diuji berstatus PNS," ungkapnya.


Ia menjelaskan, pelaksanaan uji kompetensi guru madrasah dilakukan pada lima titik pelaksanaan, yaitu dua titik di Kecamatan Johan Pahlawan, dua titik di Kecamatan Samatiga, dan satu titik di Kecamatan Kaway XVI.


"UKG berlangsung di lima titik, yaitu MAN 1 Aceh Barat, MTsN 3 Aceh Barat, MIN 7 Aceh Barat, MTsN 4 Aceh Barat, dan MTsN 2 Aceh Barat," sebutnya.


Selain itu, Syafrizal mengucapkan terimakasih kepada tim panitia atas kerjasamanya dalam menyukseskan pelaksanaan UKG dengan baik dan lancar.


"Terimakasih kami terutama kepada seluruh operator Madrasah yg sudah membantu mensukseskan kegiatan UKG ini," ucapnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu modal dalam meningkatkan kemampuan seorang guru madrasah untuk menjadi guru yang berkualitas.


"Kepala madrasah harus mendorong dan memotivasi guru untuk mengembangkan kualitas diri," imbaunya kepada Kepala Madrasah pada Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (Simdupak) Guru berbasis online di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.


Selain itu, Khairul menyampaikan, seorang guru harus mampu berinovasi di madrasah dalam melakukan pengajaran, seperti mengupdate media pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik saat ini.


"Generasi milenial harus diajarkan dengan metode milenial pula, jangan monoton dalam mengajar," pesannya.


Selain itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi, S.Ag mengatakan, pelaksanaan UKG madrasah di Kabupaten Aceh Barat merupakan kali perdana yang dilaksanakan.


Suhadi berharap, seluruh guru madrasah di Kabupaten Aceh Barat mendapatkan nilai terbaik pada ujian kompetensi tersebut. Karena menurut aturan, seorang guru harus bisa melewati nilai standar pada pelaksanaan UKG.


Pelaksanaan UKG tersebut, turut dipantau oleh Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Zulkifli, S.Ag., M.Pd. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag. Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs. H. Jakfar, dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi, S.Ag.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh