Siswa MAN 2 Langsa Ikuti Seminar Internasional

Kankemenag Langsa 01-10-2019 11:47

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Langsa)

Langsa (Inmas) --- Sebanyak 10 peserta didik MAN 2 Langsa diutus untuk mengikuti Seminar Internasional di Aula Auditoriom Terpadu IAIN Langsa pada Rabu (25/09). Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Gerakan Aneuk Muda Sosial (GAMS) dan dihadiri oleh siswa, mahasiswa, dan masyarakat setempat. Seminar tersebut membahas tentang kiat-kiat memperoleh beasiswa luar negeri bagi yang ingin melanjutkan pendidikan S 1, S 2, maupun S 3.

Ada 4 pemateri yang menjadi pembicara pada seminar tersebut, yakni Darlis Aziz (Ketua PPI Turki), Achmad Jumiadi, Muhammad Rusydi, Lc.MA., dan Amiruddin, S.HI (Abu Teuming) yang khusus membahas tentang menulis. Dari keempat narasumber tersebut, peserta seminar memperoleh banyak sekali informasi terkait dengan beasiswa luar negeri, baik lembaga penyedia beasiswa dan hal-hal lainnya seputar dengan kehidupan di luar negeri. Beasiswa ke Turki merupakan pembahasan yang paling menonjol dalam seminar tersebut selain beasiswa ke Timur Tengah, mengingat ada 2 pemateri berlatar belakang beasiswa Turki yakni Darlis Aziz yang kini juga sedang menempuh studi S 2 di Turki, dan Achmad Jumiadi selaku manajer di salah satu lembaga beasiswa ke Turki.

Selain itu, peserta seminar juga mendapat ilmu tentang menulis dari salah satu pemateri yaitu Amiruddin atau yang akrab disapa Abu Teuming. Para peserta pun terlihat sangat antusias dalam menyimak setiap pembahasan. Terlihat ketika sesi diskusi atau tanya jawab, banyak terlontar pertanyaan-pertanyaan yang menarik terkait dengan beasiswa luar negeri.

Salah seorang siswa MAN 2 Langsa, Zawil Atqiya Suhairy mengaku sangat senang mengikuti seminar tersebut. Ia sendiri pun memang bercita-cita untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri. 

“Kalau kuliah di luar, otomatis kita akan lebih banyak mendapat pengalaman dari melihat dan hidup di negeri orang serta membuat cakrawala pemikiran akan lebih terbuka,” ujar Zawil.

Diharapakan dari seminar ini, siswa ataupun mahasiswa akan lebih termotivasi untuk melihat dunia beasiswa di luar negeri. Selain untuk menimba ilmu, kita juga akan kaya dengan berbagai pengalaman. [AR]


Kategori Pendidikan Madrasah
CONNECT & FOLLOW