Patut Ditiru, Siswa MIN 12 Aceh Tengah Pungut Sampah di Belang Bebangka

Kankemenag Aceh Tengah 10-09-2019 06:38

Aksi Pungut Sampah MIN 12 Aceh Tengah (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tengah)

Takengon (Alfansye/Sudrajat) -- Prihatin dengan keadaan lingkungan lapangan pacuan kuda H.M. Hasan Gayo (Belang Bebangka) pasca perhelatan pacuan kuda baru-baru ini, siswa/i MIN 12 Aceh Tengah beserta para guru beramai ramai bersihkan tumpukan sampah. Sabtu (7/09/19).

Pembiasaan untuk hidup bersih harus diberikan sejak dini kepada anak-anak. Tidak hanya di rumah, tapi juga di Madrasah. Karena dengan hidup bersih,  hidup menjadi sehat.  Pembiasaan tersebut juga dapat melatih Peserta didik untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Membuat mereka lebih peka atau peduli pada lingkungan.

Kebersihan merupakan perbuatan dan sikap untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan, dalam ajaran agama Islam kebersihan merupakan perbuatan atau sikap yang termasuk bagian dari keimanan, Al Hadits “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”

Kepala MIN 12 Aceh Tengah, Sapuan MR, M.Pd mengatakan selain membiasakan hidup sehat dan bersih pada peserta didik, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari implementasi Visi dan Misi MIN 12 Aceh Tengah.

“Salah satu Misi MIN 12 Aceh Tengah adalah menciptakan lingkungan yang aman, bersih dan asri, setiap orang menginginkan kesehatan, maka salah satu upaya untuk mendapatkan kesehatan adalah dengan kebersihan” Demikian jelasnya.

Tambahnya lagi, aksi pungut sampah dilaksanakan atas dasar keprihatinan para guru dengan kondisi lingkungan di sekitar Madrasah dengan banyaknyaa sampah plastik.

“Aksi pungut sampah ini didasari dari rasa prihatin dewan guru dengan kondisi sampah di lapangan yang sangat banyak dan susah rasanya bila di bersihkan oleh beberapa orang saja sehingga timbulah kesepakatan bersama antara dewan guru dan siswa, dengan semangat serta tekat yang penuh keiklasan Alhamdulillah program dapat terlaksana dengan baik.” Demikian tambah Sapuan MR, M.Pd.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, setidaknya MIN 12 Aceh Tengah mengerahkan sejumlah 220 siswa/i dalam memungut sampah di area lapangan pacuan kuda Belang Bebangka, dengan harapan lingkungan bersih, siswa senang, guru nyaman, masyarakat bahagia.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW