CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Satu Jemaah Haji Aceh Kloter 5 Meninggal Dunia

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 934
Sabtu, 24 Agustus 2019
Featured Image

Banda Aceh (inmas) --- Inna lillaahi wa innaa ilaihi raji'un. Seorang Jemaah Haji Aceh yang tergabung dalam kloter 05-BTJ, Aswan bin Usman Ali, 69 tahun, asal Tampok Jeurat Raya, Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar, meninggal dunia di Mekah, Sabtu (24/8) pagi.

Informasi tersebut disampaikan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter 5, dr Fatria Dharma Asih kepada Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Nasril.

Menurut Fatria, Aswan meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) King Faisal jam 07.10 Waktu Arab Saudi (WAS) karena serangan jantung. Pemilik paspor C1844127 tersebut memiliki riwayat hipertensi dan infark miokardial akut.

Almarhum dirujuk ke RSAS pada jam 06.30 WAS karena terjatuh dan tidak sadarkan diri. TKHI melakukan pertolongan pertama dengan pemasangan infus dan mengecek vital sign. Dari pemeriksaan TTD didapat tekanan darah dan frekuensi pernapasan yang tidak teratur serta denyut nadi lemah.

TKHI juga melakukan resusitasi jantung paru (CPR) dan menghubungi Tim Gerak Cepat (TGC) dengan panggilan kode biru dari kamar 207 hotel 223. Setelah 15 menit dilakukan CPR, pada jam 07.10 jemaah dinyatakan meninggal oleh dokter RS King Faisal.

M Nasril juga mengatakan bahwa saat ini jenazah masih di RS King Faisal, Mekah. Ketua kloter, TKHI dan pihak maktab masih di RS King Faisal untuk pengurusan jenazah dan pembuatan sertifikat kematian (COD).

"Saat ini petugas kloter bersama pihak maktab sedang dalam proses pengurusan jenazah. Untuk fardhu kifayah, insya Allah akan disalatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di Syaraya," jelas Nasril.

Nasril juga menambahkan bahwa sudah 12 jemaah haji asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi.

Sebelumnya, Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya, yang tergabung dalam kloter 1, wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah, Sabtu (3/8). Lalu Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) dari kloter 2, asal Aceh Timur meninggal dunia pada Minggu (4/8) dan Abdurahman Chasbullah Surati (62) dari kloter 2 asal Ulee Kareng, Banda Aceh, meninggal pada Senin (5/8).

JCH dari kloter 10, Tarmizi Bungsu Agam (76) asal Aceh Selatan, meninggal dunia pada Kamis (8/8) di Mekah, dan Bungsu Daud binti Daud Cut Agam (68) asal Pidie yang tergabung dalam Kloter 11 meninggal dunia di Mina, Senin (12/8) lalu.

Kemudian, pada Rabu (14/8), jemaah kloter 9 asal Bireuen, Amiruddin Muhammad Adam (54) juga meninggal di Mina dan Kamis (15/8),  Ibrahim Abdullah Amin (76), kloter 4 asal Aceh Besar, meninggal dunia di Syisyah.

Lalu empat jemaah dari kloter 12, Husen Hasan Sulaiman (92) dari Aceh Utara, dan Halimah binti Hasan Dem (90) dari Aceh Besar meninggal dunia di RS King Faisal pada Jumat (16/8) dan Kamis (22/8) kemarin Ishak bin Makam Shaleh (90) asal  Lhokseumawe dan Pardan bin Abdullah Tgk Rayeuk (91) asal Pidie juga meningggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) King Faisal, Mekah.*

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh