Usai Shalat Ied, Kemenag Aceh Tengah Sembelih dan Salurkan Daging Qur'ban

Kankemenag Aceh Tengah 11-08-2019 16:18

Penyaluran Daging Kurban (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tengah)

Takengon (Sudrajat) - Usai pelaksanaan shalat Ied, Kankemenag Aceh Tengah melakukan penyembelihan hewan Qur'ban pada hari raya pertama Idul Adha 10 Djulhijjah 1440 H, Minggu, 11/8/19, sekira pukul 09.30 Wib

Pada hari raya Qur'ban Tahun ini ada 4 ekor sapi yang disembelih,  Dari 4 ekor sapi tersebut, 3 ekor sapi disembelih di kantor, dan 1 lagi diserahkan ke panitia Qur'ban Masjid Raya Ruhama Takengon. Sapi tersebut merupakan hasil patungan yang diterapkan melalui model arisan kelompok atau arisan yang dikumpul mulai dari setahun sebelumnya oleh karyawan-karyawati Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Aceh Tengah.

Kakankemenag Aceh Tengah Drs. H. Amrun Saleh, MA menyampaikan bahwa qur'ban merupakan wujud rasa syukur hamba kepada sang khaliq.

"Qur'ban merupakan wujud mendekatkan diri kepada Allah SWT, untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan, memperkuat silaturrahmi dan ukhwah serta penghayatan perjuangan Nabi Ibrahim, anak dan istrinya", Demikian ucapnya seraya mengutip QS Al Kautsar: 2 "Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)".

Lanjutnya, "Penyembelihan dan penyaluran daging kurban tersebut  untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiah, rasa kepedulian dan saling berbagi di hari Idul Adha, khususnya pada masyarakat yang berada di sekitar Kantor Kemenag Aceh Tengah". Ungkap Drs. H. Amrun Saleh, MA

Kakankemenag juga mengatakan "Untuk tahun akan datang akan mengembangkan kembali sistem arisan. Semoga warga Kemenag Aceh Tengah baik yang di Kantor Kemenag, KUA, dan Madrasah tetap terus untuk berkurban dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT", demikian harapnya.

Menurutnya, "Idul Adha merupakan momentum tepat dalam membangun kebersamaan ummat melalui qur'ban dan sedianya menciptakan rasa kekeluargaan, silaturahim serta menghayati makna qur'ban dalam rangka menciptakan rasa ikhlas beramal", Jelas Kakankemenag.

Dikatakan Kasubbag TU Wahdi, MS, MA bahwa qur'ban tersebut nantinya akan didistribusikan kepada yang berhak menerimanya.

"Kurban nantinya kita salurkan ke tempat-tempat yang berhak menerimanya, masyarakat sekitar,  fakir miskin, karib kerabat dan ASN Kemenag Aceh Tengah” ujarnya

Lanjut Kasubbag, "Penyembelihan hewan kurban dilakukan sendiri oleh panitia qur'ban di halaman parkir Kemenag setempat dan dimulai dari pagi yang dibantu oleh staf PNS  mupun Non PNS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah", ujar Wahdi. MS, MA

Selain di Kantor Kemenag, penyembelihan qur'ban tahun 1440 H juga dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA), Penyuluh, dan Madrasah, adapun penyembelihannya dilakukan di tempat masing-masing.

Jika menengok sisi historis dari perayaan Idul Adha ini, maka pikiran kita akan teringat kisah teladan Nabi Ibrahim, yaitu ketika Beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menempatkan istrinya Hajar bersama Nabi Ismail putranya, yang saat itu masih balita.

Mereka ditempatkan disuatu lembah yang tandus, gersang, tidak tumbuh sebatang pohon pun. Lembah itu demikian sunyi dan sepi tidak ada penghuni seorangpun. Nabi Ibrahim sendiri tidak tahu, apa maksud sebenarnya dari wahyu Allah yang menyuruh menempatkan istri dan putranya yang masih bayi itu, ditempatkan di suatu tempat paling asing, di sebelah utara kurang lebih 1600 KM dari negaranya sendiri palestina.

Namun, baik Nabi Ibrahim, maupin istrinya Siti Hajar, menerima perintah itu dengan ikhlas dan penuh tawakkal.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW