CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

KEMENAG LANGSA GELAR PENTAS PAI TINGKAT KOTA LANGSA

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 613
Kamis, 8 Agustus 2019
Featured Image

Kota Langsa, (M/H).Kantor Kementerian Agama Kota Langsa gelar Kegiatan ''Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam''(PENTAS PAI) tingkat Kota Langsa tahun 2019. Kamis (8/9).

Dalam KegiatanPembukaan Pentas PAI ini turut dihadiri oleh Kepala Wilayah Dinas Pendidikandan Kebudayaan prov. Aceh Cabang Langsa , Kepala Dinas Pendidikan danKebudayaan Kota Langsa, Ketua KKG, Pengawas PAI, dan Kepala Sekolah dalamwilayah Kota Langsa. Kegiatan tahunan ini diikuti oleh seluruh siswa/i Sekolahdalam wilayah Kota Langsa, mulai jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK, kegiatan ini digelar pada 2 (dua) tempat  SMA Negeri 1 langsa dan SMP Negeri 3 langsa,dengan Tema ”Cerdas, Terampil Islami di Pekan Keterampilan Pendidikan AgamaIslam". Dengan jumlah peserta 303  peserta dari seluruhjenjang  meliputi 8 (delapan) cabanglomba.

Dalam Laporan KetuaPanitia kegiatan, Iskalani, S.Ag. MA, melaporkan bahwa kegiatan ini berlangsungselama 1 (hari) mulai pukul 08.00 wib s.d selesai. Kegiatan ini diikuti olehseluruh siswa/i sekolah dalam wilayah Kota Langsa, mulai jenjang SD, SMP, danSMA/SMK., dengan * (delapan) cabang Lomba diantaranya Musabaqoh Tilawatil quran(MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba CerdasCermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN), LombaDebat PAI (LDP), dan Cerita Remaja Islami (CERIS).

Kegiatan seleksiini dilaksanakan dalam rangka menseleksi para peserta yang nantinya akan dibawake Pentas PAI tingkat Provinsi Aceh yang akan digelar pada bulan septembertahun 2019 mendatang di Banda Aceh .

Dalam sambutanKepala UPTD Wilyah IV PPMG Dinas Pendidikan Provinsi Cabang Langsa melalui Plt.Bapak Abdul Jaban, S.Pd M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa PENTAS PAImerupakan wahana silaturahmi untuk meningkatkan kecerdasan, keterampilan,berahklak mulia, memiliki keterampilan dan wawasan serta berkarakter Islami diera milenial saat ini. Ini merupakan ajang meraih prestasi untuk kemajuan anakbangsa khususnya kota langsa, bukan ajang memenangkan salah satu sekolah, akantetapi bagaimana agar para juri menilai dengan teliti agar para peserta nantinya yang mendapatkan Juara bisa bersaing di tingkat provinsi bahkan ditingkatNasional.ujar nya.

''Abdul Jaban''juga mengharapkan PENTAS PAI ini berjalan dengan lancar dan para peserta dapatmenampilkan kemampuanya terbaiknya secara maksimal dalam menumbuhkan minat danbakat untuk lebih memahami menghayati, mengamalkan ajaran agama islam serta  mengimentikasikannya melalui penguasaan ilmupengetahuan, teknologi dan seni.

Pelaksannankegiatan PENTAS PAI ini untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam memahami danmengamalkan nilai-nilai Al Quran dan juga untuk menyeleksi peserta yang akanmewakili Kota langsa di ajang yang sama ditingkat Provinsi Aceh mendatang.

 

Dalam kesempatanyang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Langsa Drs. H. Salahuddin, M.Pddalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan pihak yangtelah mempersiapkan  dan mendukungkegiatan ini  sehingga acara ini dapatterlaksana, terutama kepada Guru PAI yang telah berperan aktif dan ikhlas dalammendidik dan membina siswa-siswi Kota Langsa. Kegiatan ini  sebagai salah satu cara untuk melihat sejauhmana perkembangan anak didik kita menerima ilmu yang telah diberikan, apakahmereka mamapu dan terampil sesuai dengan kurikulum 13.  Oleh karenanya peserta didik harus lebih giatbelajar karena mereka adalah generasi masa depan bangsa. Sebelum beliaumembuka, beliau juga menyampaikan selamat belajar, selamat berkompetisi dansportif mengikuti kegiatan ini begitu juga kepada dewan juri untuk bekerjadengan profesional dan objektif dalam memberi penilaian karena peserta yangmenang hari ini nantinya akan mewakili kota langsa pada event Pentas PAI Tk.Provinsi Aceh Tahun 2019.

Hal senada jugadikatakan Kepala UPTD Wilyah IV PPMG Dinas Pendidikan Provinsi Cabang Langsamelalui Plt. Bapak Abdul Jaban, S.Pd M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwaPENTAS PAI merupakan wahana silaturahmi untuk meningkatkan kecerdasan,keterampilan, berahklak mulia, memiliki keterampilan dan wawasan sertaberkarakter Islami di era milenial saat ini. Ini merupakan ajang meraihprestasi untuk kemajuan anak bangsa khususnya kota langsa, bukan ajang memenangkansalah satu sekolah, akan tetapi bagaimana agar para juri menilai dengan telitiagar para peserta nanti nya yang mendapatkan Juara bisa bersaing di tingkatprovinsi bahkan ditingkat Nasional.ujar nya.

''Abdul Jaban''juga mengharapkan PENTAS PAI ini berjalan dengan lancar dan para peserta dapatmenampilkan kemampuanya terbaiknya secara maksimal dalam menumbuhkan minat danbakat untuk lebih memahami menghayati, mengamalkan ajaran agama islamserta  mengimentikasikannya melaluipenguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Pelaksannankegiatan PENTAS PAI ini untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam memahami danmengamalkan nilai-nilai Al Quran dan juga untuk menyeleksi peserta yang akanmewakili Kota langsa di ajang yang sama ditingkat Provinsi Aceh mendatang.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh