Kakanwil Kemenag Aceh membuka rakor kehumasan

Kankemenag Aceh Selatan 15-07-2019 12:17

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Selatan)

Banda Aceh (Dedi Armansyah )--- Sub bagian Informasi dan humas (subbag Inmas) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh laksanakan kegiatan rapat koordinasi (rakor) kehumasan di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, Senin (15/7).

Kegiatan yang diikuti para kepala bidang dan admin web di jajaran Kanwil Kemenag Aceh, kasubbag Tata Usaha (TU) serta admin web kankemenag kabupaten/kota se-aceh berlangsung selama satu hari. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (kemenag) Provinsi Aceh Drs H M Daud Pakeh didampingi Kepala Bagian Tata usaha (kabag TU) H Saifuddin SE dan Kasubbag Inmas Muhammad Nasril Lc MA. 

Dalam bimbingannya pada pembukaan kegiatan tersebut, Kakanwil menjelaskan bahwa humas merupakan konsultan, penasehat, dan penerjemah bagi top manajemer suatu lembaga. Humas merupakan ujung tombak dalam penyampaian program dan kinerja lembaga.

Humas juga corong atau sumber informasi, dimana humas dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi, bekerja sesuai tugas dan fungsi, serta tidak terpengaruh hoax.

Beliau menambahkan,  humas tidak hanya menjadi juru bicara, tetapi humas juga komunikator lembaga, humas berfungsi sebagai penganalisi masalah, penetapan tujuan, publik sasaran, jenis dan jadwal kegiatan, anggaran, pembagian tugas dan wewenang, bekerjasama dan menjalin hubungan di dalam dan luar lembaga, serta menetralisir berbagai persoalan yang terjadi di lembaga, jelasnya.

Kasubbag Inmas memaparkan tugas penting humas adalah melaksanakan tugas publikasi dan informasi lembaga, menjadi mediator penghimpunan data dan informasi, dan yang terpenting sekali adalah mengedepankan prestasi, kinerja dan citra baik lembaga ini.

Humas juga dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi kinerja lembaga dan mengetahui serta mampu menganalisa informasi eksternal atau media luar, jelasnya.

Kabag TU, dalam penutupan kegiatan berharap agar seluruh humas kemenag kabupaten/kota agar terus bersinergi dan kerjasama dengan media lokal dalam mempublis kegiatan kegiatan lembaga kita ini.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW