CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Halal Bihalal dan Pembukaan Majlis Taklim Kemenag Nagan Raya

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 731
Jumat, 14 Juni 2019
Featured Image

Suka Makmue (Humas) – Sepekan pasca merayakan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, seluruh jajaran Kankemenag Nagan Raya, kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI), kepalaMadrasah Tsanawiyah (MTs), kepala Madrasah Aliyah (MA) dan kepala Kantor UrusanAgama (KUA) se-Nagan Raya menggelar Halal Bihalal sekaligus pembukaanperdana majelis taklim dengan tema “Rajut Ukhuwah Antar Sesama Menuju InsanYang Bertakwa”, Kamis (13/6).

Acara yang berlangsung di AulaKantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya terlihat begitu antusias, acarayang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Maturidi, S.Sos.I. Kemudian dilanjutkan dengan katasambutan ketua panitia pelaksanaan oleh H. Khairul Azhar, S.Ag., MA.

Ketua panitia pelaksana, H. KhairulAzhar, S.Ag., MA mengatakan, tujuan dari acara pembukaan majelis taklim inidalam rangka meningkatkan pemahaman keislaman bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)yang ada di ruang lingkup Kementerian Agama dan sebagai media silaturahmi yangkita laksanakan satu bulan sekali dengan materi-materi Ke-Islam-an  yang dilanjutkan dengandiskusi.

“Adapun kepengurusan majelistaklim ini sudah di SK-kan oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten NaganRaya dan diberi nama Majelis Taklim Al-Mabrur, dengan rasa optimis kita mampumengabarkan kebaikan-kebaikan sesuai dengan namanya,” ujar khairul.

Pembukaan majelis taklim sekaligus HalalBihalal tersebut di buka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian AgamaKabupaten Nagan Raya Drs. H. Amiruddin Husein, MA. 

“sebagai kepala Kankemenag Nagan Raya sangat mendukungprogram-program mejelis taklim ini, sebagai bentuk cinta kita kepada lembaga. Sebablembaga Kemenag sebagai lembaga yang bergerak di bidang keagamaan,” ujar Kakankemenag.

Lebih lanjut Amiruddin mengatakan bahwa setiap ASN berkewajiban untuk menambah pengetahuan agama yang selanjutnya mendakwahkanke tengah-tengah masyarakat. Media yang efektif untuk mendapatkannya melaluimedia majelis taklim ini.

Dalam acara Halal Bihalaltersebut, Drs. H. Saidun Hamzah, S.H., MA selaku penceramah menyampaikan bahwa kegiatan Halal Bihalal adalah sesuatu hal yang baik karena berkesempatanuntuk saling bermaafan dari kesalahan-kesalahan selama ini. karena dosa manusiadengan manusia belum di ampuni oleh Allah Swt sebelum di maafkan oleh orangtersebut.

“Halal Bihalal merupakan sebagaipuncak dari ibadah puasa yang telah kita lakukan selama bulan suci ramadhanini, dimana godaan-godaan dan tantangan-tantangan sudah berhasil kita lalui.Karena puasa mengajarkan kita sikap toleransi, kepedulian, dan kesabaran,”tuturnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan doa yg dilanjutkan dengan bersilaturrahim saling bermaafan sesama pegawaiKankemenag, kepala Madrasah dan Kepala KUA se-Nagan Raya. [L] 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh