CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakankemenag Nagan Raya Gelar Rapat Penetapan Besaran Zakat Fitrah 1440 H/ 2019 M

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 670
Jumat, 24 Mei 2019
Featured Image

Suka Makmue (Humas) - KementerianAgama Kabupaten Nagan Raya menggelar rapat penentuan zakat fitrah tahun 1440 H/2019 M bertempat di Kantor Kementerian Agama setempat, Jum’at (24/5).

Hadir dalam rapat penentuan besaran zakat fitrah untuk tahun1440 H / 2019 M  di antaranya Kepala Kankemenag Nagan Raya, Drs. H. Amiruddin Husin, MA,  Kepala Dinas Syariat Islam, Ketua Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU), Kepala Baitul Mal, serta sejumlah pejabat struktural Kemenag Nagan Raya dan wakil dari Forum Kepala Kantor UrusanAgama (KUA) Nagan Raya.

Berdasarkan dari hasil surveipasar dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya terhadap harga beras saat ini dan dilakukan pembahasan dalam rapat, selanjutnya dalam rapat  tersebut diputuskan bahwa besaran zakat fitrah bagi umat Islam di Kabupaten Nagan Raya pada tahun 1440 H / 2019 M dapat dikeluarkan dengan salahsatu cara berikut : 

1.       Mengeluarkan zakat fitrah dengan beras. Adapun kadarzakat fitrah dengan beras untuk setiap jiwa  adalah 1 sha’ atau 10 kaleng susu isi 397 gram atau3,1 liter atau 1,5 (satu setengah) bambu plus 1 genggam atau 2,8 kilogram.

2.       Mengeluarkan zakat fitrah dengan uang yang ditunaikan dengan besaran sebagai berikut:

a.      Bagi yang mengkonsumsi Beras BTN, Yusima, Bungandan sejenisnya Rp. 33.000,-/ jiwa.

b.     Bagi yang mengkonsumsi Beras Ramos, Tangse, CapAyam, Dewi dan sejenisnya Rp. 31.000,-/ jiwa.

c.      Bagi yang mengkonsumsi Beras Keumala, Qaisar,Cap BS, Oke dan sejenisnya Rp. 28.000,-/ jiwa.

d.     Bagi yang mengkonsumsi Beras Dolog, Beras Lokaldan sejenisnya Rp. 26.000,-/ jiwa.

Dalam rapat tersebut juga diputuskan tentang penyaluran zakat fitrah kepada muallaf sebagai salahsatu asnaf penerima zakat fitrah akan disalurkan melalui  Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya sebagai lembaga yang selama ini melakukan pembinaan dan bantuan  kepada muallaf.

Lebih lanjut hasil keputusan rapattersebut akan di buatkan surat edaran kepada seluruh masyarakat Kabupaten NaganRaya melalui Kepala KUA dan Camat untuk di teruskan ke setiap gampong, untuk disampaikan ke masyarakat di masjid-masjid, mushalla, meunasah dan tempatpengumpulan zakat fitrah lainnya di setiap gampong.

"Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya selanjutnya akan membuat surat edaran untuk sosialisasi perihal besaran zakat fitrah yang telah diputuskan, untuk diketahui dan dipedomani oleh masyarakat Kabupaten Nagan Raya" demikian disampaikan Kepala Kankemenag Nagan Raya usai rapat. [L]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh