CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Ini Persiapan Kemenag Aceh untuk Pemberangkatan JCH 2019

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 698
Jumat, 22 Maret 2019
Featured Image

Banda Aceh (Inmas)---Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 1440 H/2019 M secara nasional dijadwalkan berangkat pada juli 2019.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H Samhudi SSi di Banda Aceh, Jum'at (22/3) mengatakan Kemenag Aceh sedang melakukan berbagai persiapan sebagaimana Rencana Perjalanan Haji (RPH) yang dikeluarkan pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat telah mengeluarkan RPH tahun 2019. Untuk nasional masuk asrama 6 juli dan tanggal 7 berangkat, sedangkan untuk Aceh mengenai jadwal berangkat masih menunggu keputusan pusat," jelas Samhudi.

Untuk mendukung RPH tersebut, beberapa kegiatan sedang dipersiapkan, seperti pelatihan 55 orang petugas di asrama Haji Embarkasi Aceh.

Samhudi juga menyebutkan, sejak 19 Maret hingga hari ketiga, Kamis 21 Maret tercatat sekitar 36 persen JCH telah lunasi BPIH.

"Berdasarkan data yang diterima dari petugas Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Provinsi Aceh, sebanyak 1.593 Jamaah Calon Haji Provinsi Aceh telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini,” ujar Samhudi.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa di Aceh juga tengah dilakukan persiapan perekaman biometrik.

"Rekam biometrik dilakukan di tanah air untuk memudahkan, karena kalau dilakukan di Arab Saudi butuh waktu 3 sampai 4 jam," jelasnya.

"Saat ini kita cuma satu titik perekaman di Banda Aceh, karenanya kami mengusulkan titik layanan untuk ditambah di beberapa daerah seperti mobil berggerak, kalau nantinya belum bisa terpenuhi, maka semua jemaah kita lakukan rekam biometrik di banda Aceh, semuanya harus selesai per 30 april," tambahnya.

Diinformasikan, Pelunasan BPIH untuk jamaah haji reguler tahap I Aceh dibuka hingga 15 April. Artinya, pelunasan sudah harus dilakukan sebelum tanggal 16 April 2019.

Kuota haji Indonesia tahun 2019 sebanyak 221.000 orang, yang terbagi menjadi 204.000 jamaah haji regular dan 17.000 jamaah haji khusus/plus. Selain itu, calon jemaah haji wajib melakukan rekam biometrik di tanah air.[]


Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh