CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Siswa Madrasah Kota Subulussalam Mengarang Buku

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 374
Kamis, 21 Februari 2019
Featured Image

Subulussalam (Faisal/Candra)---- Sebagai upaya mendukung Gerakan Literasi Nasional, maka Ikatan Guru Indonesia melalui Gerakan menulis SAGUSAKU (satu guru satu buku) mengadakan pelatihan SAGUSAKU Nasional dan GELIS (Gerakan literasi sekolah) serentak di 100 titik pada tanggal 14 Februari 2019. dengan semangat 45 para guru MTsN 1 Kota Subulussalam menyambut baik dengan kegiatan tersebut , yang dilaksanakan di lef  MTsN 1 setempat. Kamis lalu (14/2)

MTsN 1 Kota Subulussalam merupakan titik ke 9 dari 100  titik di seluruh Indonesia. Kegiatan menulis serentak ini diikuti oleh 70 siswa dan 5 orang guru. Acara ini dibuka  oleh Kepala MTsN 1 Kota Subulussalam Suherman, S.Pd.I dan dihadiri dewan guru.

Dalam kegiatan tersebut,  Gelis di rencanakan menerbitkan empat buku siswa dan guru ber-ISBN.

" Kita merencanakan menerbitkan empat buah buku, jika tak ada aral melintang kami akan mencoba menghasilkan dua buku antologi puisi dan cerpen serta dua buku solo guru". Tutur Candra selaku penggerak kegiatan Gelis

Ada beberapa alasan yang membuat kegiatan menulis serentak 100 titik yang diselenggarakan pada 14 Februari 2019. Banyak fakta yang menjadikan tema gerakan ini bernapas SPEKTAKULER.

Pertama, narasumber terdiri dari TOKOH NEGERI, yakni Mendikbud, Direktur Seameo, Kepala Perpusnas RI, Ketum IGI , dan PJ kanal Sagusaku yang terus mencetuskan ide jitu untuk pergerakan SAGUSAKU. 

Kedua, 100 pelatih hebat bergerak serentak dengan berbekal karya hebat dan akan mengawal karya hebat juga berupa buku antologi peserta.

Ketiga, ribuan peserta secara nasional mengikuti literasi saat itu. Sagusaku memang selalu merangkul anggota baru untuk terus menebar ilmu. 

Keempat, melalui Video Converence, 100 titik ini terhubung untuk saling berbagi kompetensi, menggali potensi, dan hasilkan berjuta prestasi.

Kelima, karya spektakuler 100 titik ini akan menghasilkan 1000 judul buku yang siap dipamerkan pada Hardiknas 2019 di Perpustakaan tertinggi di dunia (Perpustakaan RI).

Keenam, sertifikat bertaraf Internasional, 100 pelatih ini akan mendapatkan 100 sertifikat dari SEAMEO Bangkok, organisasi yang dibentuk oleh seluruh menteri pendidikan yang ada di negara-negara ASEAN. 

Terima kasih kami ucapkan kepada Founder sagusaku IGI yang selalu memberikan kami motivasi, menginspirasi hingga kami dapat terus berkarya.  

Turut hadir dalam kegiatan leterasi Gelis tersebut ialah, siswa MTsN 1 Kota Subulussalam, guru MTsN 1 Kota Subulussalam dan dibuka langsung oleh Kepala MTsN 1 Kota Subulussalam.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh