CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Gelar Sosialisasi Pencegahan Kawin Anak dan Penguatan Keluarga Muda

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 501
Rabu, 21 November 2018
Featured Image
Tamiang (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais & Binsyar) menggelar Sosialisasi Pencegahan Kawin Anak dan penguatan Keluarga Muda di Hotel Grand Arya Kabupaten Aceh Tamiang sejak 21-24 November 2018.

Kegiatan tersebut diikuti 60 orang terdiri atas keluarga usia pernikahan di bawah lima tahun dan pasangan siap nikah.

Mewakili Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh, Kabid Urais dan Binsyar Drs H Hamdan MA membuka secara resmi kegiatan yang bertema 'Siapkan iman dan ilmu menuju keluarga Samara' tersebut.

Dalam sambutannya Hamdan menagatakan kegiatan itu merupakan bagian dari usaha dan upaya mentransfer ilmu khususnya tentang cara membangun dan melestarikan kehidupan berumah tangga.

"Melalui program ini, kita lakukan dalam rangka menyahuti program nawacita bapak Presiden RI terkait upaya mencegah meningkatnya angka perceraian yang akhir-akhir ini terjadi dan terus meningkat serta meresahkan," ujar Hamdan.

Upaya lain juga telah kita lakukan selama 3 tahun dengan program bimbingan perkawinan oleh Kepala KUA Kecamatan seluruh Aceh, termasuk didalamnya program suscatin, tambah Hamdan.

"Kami berharap kepada peserta untuk mengikuti acara dengan sebaik-baiknya hingga selesai, dan patut pula saudara-saudara bersyukur karena tidak semua kabupaten di Aceh mendapat program kegiatan ini," terang Hamdan.

Kedepankan silaturahmi serta kearifan lokal selama mengikuti kegiatan di tempat ini, fokus dan tetap konsisten selama berada disini, sebutnya.

Dihadapan peserta muda mudi tersebut, Hamdan mengajak mereka untuk rajin membaca sejarah tentang bagaimana kehidupan beberapa keluarga yang termaktub dalam Al Qur'an, "Perlu kita renungi dan hayati kisah para pendahulu yang disebut dalam al-Qur'an seperti keluarga Lukmanul Hakim, Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW," jelasnya.

Sementara itu, Kakankemenag Tamiang Drs H Hasan Basri, MM menyampaikan ucapan terimakasih atas ditunjuknya kabupaten tersebut sebagai tempat berlangsungnya  kegiatan.

Ia berpesan kepada para peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut, selain menghadirkan pemateri dari Kanwil Kemenag Aceh, juga ada pemateri dari Dinas Kesehatan dan MPU Aceh Tamiang.

Turut hadir pada pembukaan para Kasi di bidang Urais dan Binsyar Kanwil, serta pejabat eselon IV di jajaran Kemenag Aceh Tamiang.[]

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh