CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Aceh Barat Ditetapkan sebagai Tempat Peringatan Hari Santri Nasional di Aceh

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 891
Minggu, 14 Oktober 2018
Featured Image
Banda Aceh (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menetapkan Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, sebagai tempat Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) IV 2018 di Provinsi Aceh.

Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan keputusan Kakanwil Kemenag Aceh nomor 538 tentang penetapan tuan rumah penyelenggara Hari Santri Nasional IV Provinsi Aceh tahun 2018.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Drs H M Daud Pakeh menginformasikan hal tersebut di Banda Aceh, Minggu (14/10).

"Untuk upacara kami juga akan menginstruksikan kepada Kakankemenag Kabupaten Kota di seluruh Aceh, sedangkan untuk Provinsi akan dilaksanakan di Meulaboh Aceh Barat," ujar Kakanwil.

Kakanwil juga mengatakan peringatan hari santri nasional tahun ini merupakan yang keempat kalinya."Kita semua selaku warga bangsa, bersama kaum santri akan memperingati Hari Santri. Hari Santri merupakan hari di mana kita mengenang peristiwa bersejarah, santri mempunyai peran penting dalam berjuang memperebutkan kemerdekaan," sebut Kakanwil.

Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015.

Adapun Tema HSN 2018 yang ditetapkan oleh Kementerian Agama adalah "Bersama Santri Damailah Negeri".

Melalui tema tersebut diharapkan kaum santri menyadari tanggung jawab yang lebih besar dalam menjaga, memelihara, dan merawat keindonesiaan.

Adapun rangkaian kegiatan menyambut HSN dimulai sejak Sabtu (12/10), Bupati Aceh Barat H Ramli MS secara resmi membuka kegiatan perlombaan memperingati Hari Santri Nasional ke-IV Provinsi Aceh di Aula Setdakab setempat.

Perlombaan tersebut berlangsung selama tiga hari hingga, Senin (15/10).

Berikut jadwal kegiatan lomba:
Sabtu, (13/10) yaitu Musabaqah Qiraatul Kutub dan Pidato Bahasa Indonesia.

Pada Minggu (14/10) yaitu Pidato Bahasa Arab dan Lomba Baca Puisi Islami.

Kemudian, Senin (15/10) Musabaqah Fahmul Kutub dan Rebana.

Direncanakan pada Jumat (19/10) akan diadakan pawai keliling dalam rangka memeriahkan kegiatan tersebut.

Peringatan puncak HSN tingkat Provinsi Aceh akan berlangsung, Sabtu, 20 Oktober 2018 mendatang di Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat mengatakan Pemerintah Aceh Barat dibawah kepemimpinannya terus melaksanakan program-program peningkatkan penegakan syariat Islam. Tujuannya agar penegakkan Syariat Islam tegak di kabupaten tersebut, "Saya mengajak seluruh masyarakat terutama santri untuk mewujudkannya," kata Ramli.[]


Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh