Jelang Armina, Jemaah Haji Aceh Fokus Beribadah

Inmas Aceh 17-08-2018 17:02

Banda Aceh (Inmas)---Jelang puncak haji Arafah Muzdalifah dan Mina (Armina), jemaah haji Aceh terus memfokuskan diri beribadah di Masjid Haram seperti thawaf sunat dan itikaf. Demikian pula aktifitas sebagian jamaah di pemondokan yang berzikir dan baca Alqur'an.

Informasi ini disampaikan Ketua PPIH Embarkasi Aceh Drs. H.M Daud Pakeh melalui Koordinator Keprotokolan Humas dan Penerangan PPPIH Embarkasi Aceh, H Rusli Lc MSi di Banda Aceh setelah menerima berita dari petugas Kloter di Arab Saudi, Jum'at (17/8).

"Rata-rata jamaah sekarang lebih fokus beribadah di Masjid Haram seperti itikaf dan thawaf sunat, sebagian ada juga yang di pemondokan," ujar Rusli.

Rusli menjelaskan bahwa Kondisi umum Jamaah Calon Haji Aceh dalam keadaan normal atau sehat hanya ada beberapa jamaah yang masih dirawat inap di KKHI, namun kondisinya semakin membaik dan akan kembali ke hotel bersama jamaah lainnya. Rata-rata pasien yang dirujuk ke KKHI karena terkena ISPA, hipertensi, DM dan headache dan beberapa penyakit lainnya.

"Tidak perlu Khawatir, Insya Allah dapat ditangani tim Medis kloter, ada sekitar 11 jamaah yang kini di rujuk ke KKHI, kita doakan semoga mereka mudah-mudahan segera diberikan kesembuhan, dan dapat melaksanakan aktifitas ibadah kembali." jelas Rusli.

Selain aktifitas jamaah, para petugas Kloter bersama ketua rombongan Juga melakukan serangkaian kegiatan seperti survei tempat/tenda di Arafah dan Mina bersama petugas maktab. Demikian juga mengkoordinir kegiatan bimbingan manasik di pemondokan dan pengaturan jadwal keberangkatan jamaah haji ke Arafah.

"Para petugas telah mengecek tenda yang akan ditempatkan oleh jemaah, sehingga memudahkan hari H nantinya, petugas juga sedang melakukan bimbingan manasik untuk jamaah di pemondokan," sebut Rusli.

Mengenai korban kecelakaan beberapa waktu lalu, Jamaah yang bernama Ferdinal sudah kembali ke hotel dan dalam keadaan baik, sedangkan Ismid kondisinya juga terus membaik meski masih dalam perawatan di RS Annur paska operasi.

"Alhamdulillah, Pak Ferdinal sudah kembali ke Hotel, Pak Ismid juga sudah membaik tapi sekarang masih di Rumah Sakit, mudah mudahan cepat sehat kembali" Kata Rusli usai mendapat laporan dari Petugas Kloter BTJ 05.

Tim kesehatan kloter juga terus memantau kondisi jamaah dengan melakukan vitasi ke kamar jamaah yang memiliki resiko tinggi (risti).

"Menjelang wukuf di Arafah, para petugas medis juga terus memantau kondisi kesehatan para jamaah risti" tutup Rusli.[]
Kategori Informasi dan Humas