CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Malam ini, ada Pemutaran Film Cahaya di atas Bukit di Aceh Tamiang

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 265
Senin, 22 Januari 2018
Featured Image

Aceh Tamiang (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh melalui Subbag Inmas, akan menggelar nonton bareng film dokumenter Cahaya di Atas Bukit malam ini, Senin (22/1/2018) di Gedung DPRK Aceh Tamiang.

Film yang berdurasi 40 menit itu mengisahkan tentang sosok Pak Thamrin. Semasa hidupnya putera Gayo itu menjabat kepala KUA di Takengon. Namun di sela-sela waktunya dia terus menyempatkan diri membangun pendidikan pada sebuah dusun di kecamatan Pegasing Aceh Tengah.

Usahanya tidak sia-sia. Tahun 2013, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kala Wih Ilang resmi berdiri dan beroperasi. Bangunannya berlantai tanah dan berdinding papan, atapnya seng bekas sumbangan dari masyarakat sekitar.

Walau jauh dari pusat keramaian dan fasilitas pendidikan sangat terbatas, namun semangat anak-anak disana tidak berkurang untuk menuntut ilmu.

Selain itu, pada film ini juga diceritakan, diantara murid-murid MIS Kala Wih Ilang, terdapat anak-anak dari keluarga non-muslim yang ikut menimba ilmu disana. Namun, guru-guru disana tidak pernah membatasi anak-anak non muslim untuk belajar. Menurut para pengajar, ilmu adalah cahaya untuk semua orang. Soal keimanan adalah masalah pribadi setiap orang.

Dalam film ini juga mengisahkan tentang pendidikan di Gampong Jambo Rambong Kec Tamiang Hulu, Aceh Tamiang. Ada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Kautsar yang dindingnya terbuat dari tepas bambu.

Pendiri MIS al-Kausar jadi inspirasi banyak orang karena Jufri dan istrinya yang mendirikan sekolah ini tidak bersekolah, hanya menjalani pendidikan dasar selama 6 bulan saja, kemudian kenyataan pahit membuat mereka untuk berjuang menjalani hidup.

Namun, keterbatasan mereka tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk membangun pendidikan di daerah pedalaman itu. Baginya membangun madrasah bagi anak-anak sekitar untuk melanjutkan pendidikan adalah memberi cahaya peradaban.

Jangan lupa saksikan cerita lengkapnya di Aula DPRK Aceh Tamiang malam ini

Sebelumnya, Bupati Aceh Tamiang juga menjamu makan malam Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh dan rombongan di Pendopo Bupati setempat.[] 

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh