CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Bermula dari Kelola Kelas

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 531
Minggu, 13 November 2016
Featured Image

[Blangpidie | Yakub] Di Blangpidie dan Jeumpa Aceh Barat Daya (Abdya), rupanya sedang berlangsung pelatihan.

Training Diseminasi Pelatihan Praktik yang Baik dalam Pembelajaran ini berlangsung hingga Senin (14 November), untuk grup 1.

Jenjang MTs yang berlangsung hingga 14 November itu, bertempat di Aula SMPN 1 Jeumpa. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu, berlangsung selain Jeumpa, juga di Aula SMPN Blangpidie, dimulai Sabtu kamarin (12/11).

Sementara untuk group 2 dilaksanakan Sabtu-Senin (26-28 November), untuk Jenjang MI.

Peserta acara diikuti sebanyak 166 orang guru dan kepala madrasah jenjang MI dan MTs se Abdya.

Dengan Modul 1 yang dikembangkan oleh USAID PRIORITAS, pelatihan ini dalam rangka mengembangkan praktik pembelajaran yang baik di kelas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Abdya, Drs H Arijal, MPd dalam amanatnya saat pembukaan mengharapakan praktik baik yang selama ini telah dilakukan oleh sekolah mitra USAID PRIORITAS dapat ditingkatkan dan menjadi contoh kepada madrasah lain.

"Beberapa madrasah telah menerapkan praktik baik dan menjadi contoh bagi madrasah lain. Oleh karenanya, dengan adanya pelatihan yang sama untuk madrasah lainnya ini kita harapkan model yang sama dapat diimplementasikan atau diterapkan dengan baik oleh madrasah-madrasah lain," harap Arijal, seperti dikabarkan Dr Teuku Meldi Kesuma selaku USAID PRIORITAS Provinsi Aceh - Communication Sp.

Arijal juga ingatkan, bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan tercermin dari pengelolaan kelas yang baik. Ia katakan, jika guru ingin menguasai kelasnya maka mutlak harus menguasai materi dengan metode yang sesuai.

"Oleh karena itu pelatihan pembelajaran ini sangat membantu guru meningkatkan kemampuan untuk memberikan pembelajaran yang terbaik di dalam kelas. Maka keseriusan peserta selama pelatihan dan pendampingan sangatlah dipenting," harapnya.

Sementara itu Koordinator USAID PRIORITAS Kabupaten Abdya, Yusrizal, mengatakan salah satu inti dari pelatihan ini adalah menjadikan siswa sebagia pusat perhatian di kelas atau Student Center.

"Dalam pelatihan ini kita juga melatih guru tentang bagaimana menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, menciptakan lingkungan belajar yang efektif serta menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar," jelas Yusrizal. Salam... []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh