CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

MAS MUQ Langsa Adakan Manasik Haji

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 741
Kamis, 6 Maret 2014
Featured Image

Manasik Haji dilaksanakan di Lapangan Madrasah Ulumul Qur’an Langsa yang diikuti oleh seluruh santri putra dan putri kelas VI Aliyah. Dalam sambutannya Kepala Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Langsa (Ustd. Samsuria S.Pd M.Pd) menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk membekali para siswa dalam hal pelaksanaan ibadah haji, mengingat  naik haji adalah wajib bagi orang yang mampu dan itu merupakan rukun islam yang kelima dan beliau berharap agar para santri mengikuti kegiatan ini dengan sebaik- baiknya sehingga dapat memberikan input yang positif.

Pada kegiatan ini, santri putri dibimbing oleh Ustd. Drs. Muhammad MK dan Ustazah. Hj.Mariani shaleh. Sedangkan santri putra dibimbing oleh Ustadz. Drs. H. Amri Syama’un.MA Pelatihan dimulai dengan niat umrah dan haji, tata cara berihram, do’a- do’a memasuki kota mekkah, masjidil haram dan ketika melihat ka’bah. Setelah semua itu selesai para santri melakukan pelatihan selanjutnya, yaitu pelaksanaan tawaf yang baik dan benar, do’a sesudah shalat sunnah dibelakang makam ibrahim, doa ketika meminum air zam-zam dan do’a sesudah shalat sunnah mutlak di hijir Nabi Ismail.

Dan proses pelatihan selanjutnya yaitu tata cara sa’i yang baik dan benar, cara berlari-lari kecil antara 2 pillar hijau, disini para santri diajarkan bagaimana berdoa ketika hendak mendaki bukit safa sebelum memulai sa’i, dan diatas bukit safa, perjalanan dari safa marwah, ketika berada dibukit marwah setelah selesai sa’I 7 kali perjalanan anatar bukit sava dan marwah, do’a sewaktu mengunting rambut dan ketika menggunting rambut.

Selanjutnya santri diberi manasik tentang pelaksanaan wukuf diarafah dan doa ketika memasuki muzdalifah dan Mina serta apasaja kegiatan yang dilaksanakan di Arafah, Muzdalifah dan Mina dan terakhir diperagakan tatacara melempar 3 Jumrah yaitu jumrah Ula, Wustha dan Aqabah kemudian diakhir acara para santri dan santriwan juga dibekali tatacara pelaksanaan Thawaf Wada’. Para santri tampak antusias dan bersemangat selama mengikuti kegiatan ini.

Samsuria menambahkan, Kegiatan ini perdana dilaksanakan dima’had kita dan semoga kedepan menjadi suatu kegiatan rutin bagi tingkat madrasah Aliyah maupun Tsanawiyah, bahkan dalam waktu dekat ini tingkat madrasahTsanawiyah juga akan melaksanakan Manasik haji.(Osmuq12-13/dnl).

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh