Rahasia Ilahi Atas Kewajiban Berpuasa

Inmas Aceh 01-05-2021 12:31

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Oleh : SUHERI, MA* 

Memulai tulisan ini penulis senantiasa bersyukur kepada Allah SWT yang sampai hari ini masih diberi nikmat Iman, Islam dan sehat kepada kita semua hingga kita bisa menikmati indahnya Ramadan, bisa memperbanyak amal ibadah, tadarus Al-Qur'an, bersedekah dan melaksanakan qiyamul lail pada Ramadan tahun ini  dibandingkan saudara-saudara kita yang tidak ketemu lagi dengan bulan yang sangat mulai ini yang didalamnya terdapat satu malam jika kita beribadah di malam tersebut diganjar pahala oleh Allah SWT sama seribu bulan kita beribadah. saudara-saudara kita sudah tidak ketemu lagi karena mereka semua sudah mendahului kita yang semua itu merupakan rahasia Allah yang belum terungkap.

Puasa Ramadan merupakan sebuah kewajiban bagi umat manusia khususnya umat Nabi Muhammad SAW yang mana padanya (puasa) itu terdapat berbagai kebaikan-kebaikan yang diberi oleh Allah SWT sebagaimana tertera pada firman-Nya Surat Al-Baqarah (2) : 184 yang maknanya: "Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa sangat baik bagimu jika kamu mengetahui"

Rahasia Ilahi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bersinonim dengan misteri yang bermakna kenyataan yang begitu luhur sehingga secara mendasar melampau daya tangkap manusia; apapun yang semakin dapat dimengerti atau dihayati, tetapi tidak pernah ditangkap seluruhnya sehingga tetap merupakan rahasia menyangkut kehadiran atau kegiatan Ilahi.

ide tulisan ini muncul ketika penulis mendengar isi  khuthbah Jumat 30 April 2021 di salah satu mesjid di Kota Banda Aceh yang isi dari khutbah tersebut mengatakan "dan berpuasa sangat baik bagimu jika kamu mengetahui" ujar khatib saat itu.

makna berpuasa sangat baik ini lalu penulis telusuri di berbagai referensi mulai buku-buku bacaan, media cetak, web dan tafsir apa yang menjadi rahasia  Allah SWT atas diwajibkannya kepada umat manusia untk berpuasa sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah (2) : 183.

akhirnya penulis mendapatkan bahwa banyak rahasia Ilahi  yang terkandung dibalik kewajiban berpuasa yang mana salah satunya jika berpuasa ditinjau dari segi kesehatan. ini juga punya sinkronisasi dengan Hadits Nabi yang bermakna "berpuasalah kamu, mudah-mudahan kamu sehat" (al-Hadits).

penulis akan mengemukakan rahasia Ilahi diwajibkannya berpuasa bagi umat manusia, rahasia tersebut merupakan obat atau manfaat dari pelaksanaan puasa itu sendiri yang hari ini sudah banyak ahli-ahli kesehatan meneliti dan menemukan manfaat menahan diri dari terbit fajar sampai   terbenam matahari (maghrib).

berikut ulasan obat atau manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan;

      1.    Autophagy

Autopaghy adalah proses regenerasi sel secara alamiah dalam tubuh manusia. sel-sel dalam tubuh akan memakan sel yang sudah rusak atau busuk. melakukan aktivitas degradasi sel dan daur ulang sel. untuk mengaktifkan autopaghy itu sendiri banyak caranya, salah satunya dengan berpuasa. puasa bisa menyehatkan tubuh. orang yang sedang berpuasa mampu menjaga dan mengatur pencernaannya. setelah terus mendapatkan asupan setiap jam, pencernaan juga butuh istirahat. proses autopaghy yang sangat aktif ketika dalam kondisi lapar. selama kelaparan, sel dapat memecah protein dan komponen yang tidak penting dan menggunakannya kembali untuk energi baik. sel juga menggunakan autophagy untuk menghacurkan virus dan bakteri yang dapat menyerang tubuh. dan sel menggunakan autophagy untuk menyingkirkan struktur dalam tubuh yang telah rusak.

Manfaat yang didapat ketika autopaghy dalam tubuh manusia sering aktif banyak sekali, mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker, parkinson, dementia, diabetes dan penyakit degeneratif dan neurogeneratif. selain itu, menjaga sistem kekebalan tubuh, dapat mencegah tubuh dari bakteria dan virus, penuaan dini dan mencegah berbagai penyakit lainnya.

 2.    Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat puasa bagi kesehatan yang lainnya adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Beberapa studi menyebutkan, berpuasa dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil, sehingga bermanfaat untuk orang yang sakit diabetes. mengutip dalam sebuah jurnal yaitu The Journal of Nutrition penulis mendapatkan manfaat berpuasa, ia menulis berpuasa secara berselang-seling akan mendorong seseorang memiliki kadar insulin yang lebih terkontrol, dibandingkan mencit yang menjalani diet rendah kalori.

 3.    Menurunkan Berat Badan

Bagi kita yang ingin diet atau menurunkan berat badan dengan berpuasa sangat baik. secara teori, tidak makan dan minum memang dapat menurunkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga terjadi penurunan berat badan. menurut penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition, berpuasa dapat meningkatkan metabolisme melalui peningkatan kadar norepinefrin di dalam tubuh, penurunan berat badan pun terjadi. akan tetapi agar penurunan berat badan berlangsung stabil, perlu diperhatikan juba menu makanan saat sahur dan berbuka puasa.

 4.    Menghilangkan Stres

pada penderita defresi atau stres, ternyata berpuasa bisa bermanfaat bagi kesehatan mental. hal ini terjadi karena saat berpuasa, penderita stress dan defresi akan belajar untuk berkata tidak pada makanan. hal tersebut merupakan langkah awal untuk mengambil kontrol penuh dalam hidupnya. selain itu, berpuasa di bulan Ramadan juga mendorong penderita defresi atau stres untuk menahan hawa nafsu lainnya, menjadi lebih bersabar dan tenag. semua itu hal-hal positif yang dapat membantu penderita defresi terhindar dari stres.

 5.    Melawan Peradangan

peradangan akut merupakan proses kekebalan normal yang dipakai tubuh untuk bantu melawan infeksi, namun peradangan kronis bisa menimbulkan konsekuensi serius untuk kesehatan. penelitian menunjukkan peradangan mungkin pada perkembangan kondisi yang kronis, misalnya kanker, penyakit jantung dan rheumatoid arthritis. sebuah penelitian menemukan kalau berpuasa dapat membantu menurunkan level peradangan sekaligus membantu memperbaiki tingkat kesehatan. penelitian menemukan efek serupa saat orang berpuasa 12 jam sehari dalam satu bulan.

 6.    Meningkatkan Produksi Hormon Baik

Beberapa hormon sangat berdampak pada pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan dan kekuatan otot. hormon pertumbuhan (human growth hormone/HGH) merupakan jenis hormon protein penting untuk mendukung kesehatan, beberapa penelitian membuktikan kalau berpuasa secara alami bisa meningkatkan kadar hormon pertumbuhan tersebut. puasa juga bisa membantu mempertahankan kadar gula di dalam darah serta hormon insulin yang lebih stabil sepanjang hari, hal inilah yang selanjutnya dapat mengoptimalkan HGH.

senada dengan beberapa ulasan di atas obat atau manfaat dari berpuasa yang merupakan rahasia Allah mewajibkan umat manusia berpuasa di bulan Ramadan dan terbuktilah apa yang disabdakan oleh Baginda Kita Rasulullah SAW pada empat belas abad yang silam."Shuumu Tasihhu"mudah-mudahan kita yang menjalani puasa ini sehat selalu dan diakhirnya kita mendapat gelar muttaqin.

*Penulis : Staf Subbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Aceh

Kategori Informasi dan Humas Penerangan Agama Islam, Zakat & Wakaf
CONNECT & FOLLOW