MADRASAH HEBAT BERMARTABAT Oleh: Drs.Ridwan Ali, M.Pd (Kasi Pendis Nagan Raya)

Kankemenag Nagan Raya 12-11-2018 15:48

Madrasah hebat bermartabat adalah madrasah yang menampilkan sesuatu yang unik, maju dan tampil beda. Hebat bukan berarti harus besar tetapi memiliki keunggulan dan keunikan tertentu sehingga madrasah menjadi pilihan masyarakat.


“Madrasah Hebat” merupakan slogan semangat juang untuk membangun dan mengembangkan madrasah ke arah yang lebih baik, unggul dan bermartabat. Banyak cara dan  strategi yang digunakan untuk mengembangkan madrasah agar lebih  hebat, bermartabat dan diminati oleh masyarakat.  

Semangat madrasah hebat tidak hanya tercermin dari bangunan fisiknya saja melainkan dari hebatnya manajemen pengelolaan madrasah,  hebat siswanya, hebat gurunya, dan hebat prestasinya serta unik penampilan madrasahnya.  Hebat memiliki indikator pada peningkatan kualitas madrasah, diantaranya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang disiplin dan profesional, serta kualitas siswa yang memiliki banyak prestasi baik akademik maupun non akademik, bersih dan nyaman lingkungannya, berkarakter islami perilaku  siswanya. Madrasah hebat memiliki arti pencapaian  kualitas terbaik terhadap semua komponen madrasah dengan cara yang jujur, berakhlakul kariamah, berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Islami. Hal ini sesuai dengan 5 prinsip kerja yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkualitas dan kerja ikhlas  serta dilandasi dengan lima nilai budaya kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan.  

Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaaan (KSKK) Madrasah, mencoba menambah semangat madrasah agar di setiap provinsi akan muncul madrasah-madrasah terbaik. Mulai tahun 2018 Kementerian Agama mengusung semangat baru dengan slogan Madrasah Hebat Bermartabat. Menurut Direktur KSKK Madrasah, bahwa  Kita mulai melakukan revitalisasi madrasah yang diunggulkan atau yang sudah menjadi unggulan dengan prinsip membangun dari pinggiran dan memperkuat yang unggulan.

Kita  bercita-cita untuk memiliki  madrasah unggul dan hebat yang tersebar diseluruh daerah. Madrasah hebat menjadi inspirasi bagi para pengelola madrasah, kepala, guru, pegawai, dan siswa. Membangun semangat baru menuju madrasah yang lebih unggul dan bermartabat untuk meningkatkan pembinaan dan pengelolaan madrasah yang lebih baik.

Untuk menuju madrasah hebat setidaknya ada 5 hal yang harus dilakukan, diantaranya adalah :

Madrasah menjadi model dalam pengelolaan.

Kepala, guru, dan siswa agar menjadi model dan contoh dalam pembinaan menuju madrasah hebat. Membangun semangat hebat bagi warga madrasah adalah suatu keharusan untuk meningkatkan pembinaan kegiatan  di madrasah dan peningkatan mutu pendidikan madrasah yang lebih unggul serta pembentukan karakter dan akhlak siswa yang lebih kreatif dan inovatif.

Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guru madrasah. 

Kita berkeyakinan bahwa akan tercipta  suatu madrasah yang hebat, siswa yang hebat apabila disitu ada guru-guru yang hebat. Guru yang hebat tercipta apabila guru tersebut mau dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan  maksimal. Selain itu guru hebat diciptakan melalui kegiatan pelatihan-pelatihan dan bimbingan teknis.

Mengembangkan unit-unit  kegiatan madrasah.

Kegiatan madrasah dilakukan dalam rangka memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuannya, potensi diri  sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Madrasah harus lebih mengaktifkan kegiatan pengembangan diri, kegiatan kokurikuler, ekstrakurikuler, Kegiatan Seni, Olahraga  Pramuka, UKS, PMR, gerakan literasi madrasah, pengembangan perpustakaan, laboratorium, dan lain-lain. 

Madrasah hebat harus didukung oleh stakeholder yang hebat.

Artinya kehadiran komite madrasah untuk memberikan ide-ide dan pemikiran positif untuk kemajuan dan pengembangan madrasah. Keberadaan orang tua/wali dibawah naungan komite madrasah harus terkoordinir dengan manajemen yang baik. Partisipasi dan ke ikutsertaan orang tua dalam setiap kegiatan madrasah akan memberikan warna baru bagi terwujudnya madrasah hebat bermartabat. Program Parenting” sangat mendukung terciptanya suasana kekeluargaan antara guru dan orang tua dalam menangani problem belajar yang dihadapi anak di madrasah, dan pola pembinaan anak di rumah bersama orang tuanya.

Monitoring dan Evaluasi terhadap kegiatan madrasah.

Perlu dilakukan monitoring dan evaluasi dilakukan oleh pihak terkait, seperti  Kementerian Agama Kabupaten/Kota harus membentuk tim monev untuk melihat  dan mengukur kemajuan  dari program kegiatan yang dilaksanakan di madrasah melalui instrumen monev yang valid. Selanjutnya hasil monitoring dan evaluasi tersebut harus ada tindak lanjutnya untuk tujuan perbaikan demi tercapainya program madrasah hebat.


Madrasah hebat bermartabat akan terwujud bilamana kepala madrasah dan warga madrasah beserta seluruh stakeholder memiliki komitmen bersama untuk melakukan perubahan dan inovasi terhadap madrasah. Kita optimis dan yakin bahwa sumber daya manusia yang ada di madrasah akan mampu memberikan kontribusi positif untuk madrasah yang dilandasi semangat ikhlas beramal.

Kategori Informasi dan Humas
CONNECT & FOLLOW