CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Bekali Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Kloter 1443H

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 451
Rabu, 18 Mei 2022
Featured Image
Banda Aceh (Humas) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui bidang Penyelenggaraan Haji dan Umarah (PHU) menggelar bimbingan teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter tahun 1443H/2022M.

Bimtek ini dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Provinsi Aceh di Banda Aceh, mulai 18 s.d 23 Mei 2022.

Kegiatan yang dibuka Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg menghadirkan narasumber Direktur Bina Haji, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, H Arsad Hidayat Lc MA, perwakilan pusat kesehatan haji, praktisi dari Kanwil Kemenag Aceh, unsur Dinkes Aceh, dan akademisi seperti Prof Dr Azman Ismail MA dan Dr Mufakhir Muhammad MA.

Iqbal dalam sambutannya mengatakan PPIH yang telah dilantik merupakan orang terpilih, sebagai Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Kloter tahun 2022.

"Semua ini adalah panggilan Allah, menjadi dzuyufurrahman, untuk melaksanakan ibadah haji dan pendampingan terhadap jamaah haji," kata Iqbal.

Ia berharap peserta bimtek agar mengikuti bimtek secara maksimal dan serius, "Hal ini sangat urgen,dan menjadi pedoman dalam memberikan pelayanan nantinya, dan bagi peserta yang tidak bersedia mengikuti bimtek, maka dianggap mengundurkan diri," jelasnya.

Ia mengatakan setelah 2 tahun selama pandemi covid-19, calon jemaah haji.ditunda keberangkatannya, tahun ini  pemerintah dengan adanya izin arab Saudi kembali memberangkatkan jamaah haji dengan ketentuan baru, yakni prioritas keberangkatan bagi Jamaah Haji umur dibawah 65 tahun.

"Kita bersyukur atas kesempatan yang Allah limpahkan, meskipun jamaah haji Aceh hanya berjumlah 1.988 orang. Tapi telah mampu menjawab kerinduan calon jamaah di Serambi Mekkah untuk berhaji," kata Iqbal.

Pada kegiatan ini peserta dibekali 80 persen praktek penyelesaian kasus, dan simulasi terhadap beberapa tindakan yang akan terjadi di Arab Saudi.

Kegiatan bertema “Ikhlas dan Santun dalam Melayani Tamu Allah." []


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh