Alhamdulillah! Kemenag Aceh Peringkat 5 Nasional Realisasi Anggaran Mei 2022

Inmas Aceh 13-05-2022 14:58

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Jakarta (Humas) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh kembali tercatat mendapat prestasi nasional awal tahun, yakni menduduki peringkat 5 Nasional Realisasi Anggaran Kantor Wilayah (Kanwil) sampai 10 Mei tahun 2022.

Peringkat ini diumumkan pada Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran Kementerian Agama 2022 di di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama RI Jakarta, Kamis 12 Mei 2022.

Rakor ini dibuka Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menghadirkan pemateri Sekjen Kemenag RI, Prof Dr H Nizar MAg, dihadiri pejabat eselon I dan II pusat, serta Kakanwil Kemenag se-Indonesia.

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengungkap rasa syukur atas hasil yang dicapai Kemenag Aceh terhadap realisasi anggaran selama 2 tahun terakhir.

"Alhamdulillah, kita bersyukur dan bahagia atas prestasi ini, semua berkat kerjasama dan kerja keras keluarga besar kemenag Aceh dan seluruh satker, dan sejak tahun 2021 telah meraih sejumlah prestasi nasional dalam realisasi anggaran," kata Iqbal.

Ia mengatakan capaian peringkat 5 tersebut adalah capaian nasional tanpa klasifikasi besaran pagu yang harus direalisasikan.

"Jika dilihat dari besaran pagu yang harus direalisasikan, Kanwil Aceh dengan pagu anggaran diatas 2,8 trilyun telah meraih capaian tertinggi dibandingkan Kanwil lain yang memiliki pagu sejumlah diatas 1 trilyun" ungkapnya. 

Menurutnya, untuk memperoleh peringkat nasional, dibutuhkan perencanaan dan kinerja yang ekstra dan maksimal.

"Dengan kekompakan dan saling koordinasi, juga komunikasi yang baik menghasilkan yang terbaik," katanya.

Ia juga berterimakasih ke semua satker dibawah payung Kemenag Aceh yang telah menyukseskan berbagai program dan pelaksanaan anggaran di awal tahun 2022.

"Semoga ini menjadi spirit dan semangat baru bagi kita semua dalam bekerja dan memberikan pelayanan. Kami berharap, prestasi ini dapat dipertahankan dan semakin lebih baik di masa mendatang," kata Iqbal.

Sebelumnya, akhir tahun 2020, dibawah kepemimpinan Iqbal, Kanwil Kemenag Aceh meraih penghargaan Penyusunan Laporan Keuangan Terbaik, Kategori Satuan Kerja Besar Tingkat UAPPAW Tahun Anggaran 2020, Program Pendidikan Islam dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.

Selanjutnya tahun 2021, Kanwil Kemenag Aceh juga mendapatkan hasil tertinggi evaluasi capaian kinerja triwulan III tahun 2021 se-Kanwil Regional Barat, dengan realisasi anggaran mencapai 80.53 %.

Dan semester akhir 2021, meraih peringkat Pertama Keuangan Kategori Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Besar dari DJPB Provinsi Aceh.[]

Kategori Informasi dan Humas Subbagian Perencanaan & Keuangan
CONNECT & FOLLOW