CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Guru MTsN 3 Aceh Timur Juara 1 MTQ ke-5 Korpri Nasional

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 2381
Sabtu, 20 November 2021
Featured Image

Aceh Timur (Syarifuddin/Irfan Humas) – Ustaz Ahsanur Rifqi, S.Pd.I, guru MTsN 3 Aceh Timur berhasil meraih juara 1 pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) tingkat Nasional tahun 2021 yang dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, 12-21/11/2021. Cabang yang diikuti Ustaz Rifqi adalah Tahfizh Surat Al-Baqarah Putra. 

Terkait prestasi yang diraih guru Bahasa Arab tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Timur, H. Salman, S.Pd., M.Ag memberikan ucapan selamat dan apresiasi.

“Selamat kepada Ustaz Rifqi. Terima kasih telah ikut menjaga nama baik Aceh, bil khusus Aceh Timur, bahwa PNS kita mampu mempersembahkan sebuah prestasi yang terpuji sehinga nama baik dan martabat Aceh sebagai negeri syariat terjaga dengan baik”, ungkap Salman melaui pesan audio  WhatsApp. Saat diminta tanggapannya, Salman sedang menghadiri acara penutupan sebuah kegiatan tingkat provinsi di Banda Aceh.

Salman meyakini, prestasi yang dicapai Rifqi dapat memberikan inspirasi kepada siswa sehingga menghafal al-Qur’an terbudaya dan akan melahirkan tahfizh-tahfizh muda di kemudian hari. Muaranya, menurut Salman adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada madrasah.

“Kepercayaan masyarakat kepada MTsN 3 akan bertambah dengan hadirya Ustaz Rifqi di sana. Maknanya, anak-anak yang diantar ke madrasah ada harapan akan mendapat asuhan yang baik dari Ustaz di hari-hari yang akan datang. Semoga Ustaz dapat terus berkiprah untuk madrasah yang lebih baik sehingga kepercayaan masyarakat kepada lembaga pendidikan kemenag terus meningkat dari hari ke hari”, imbuh Salman.

Kepada guru-guru lainnya, diharapkan dapat mengikuti jejak Ustaz Rifqi sehingga guru-guru  PAI mulai fokus untuk mengembangkan diri menjadi lebih. Terutama yang memiliki telenta di bidang MTQ diharapkan dapat terus mengasah dan mempersiapkan diri untuk ikut even-even seperti ini.

“Bukan hanya untuk menampilkan kebolehan dan mempertonton kepada orang lain, tapi tentunya ini adalah ajang untuk lebih memasyarakatkan hafal al-Qur’an, lebih memberikan perhatian khusus mengenai hafal al-Qur’an, sehingga menghafal al-Qur’an menjadi budaya tersendiri nantinya,” harap Salman.

Khusus kepada Ustaz Rifqi, Salman menghimbau agar tetap dan terus meningkatkan kompetensinya di bidang tahfizh agar memperoleh pretasi lebih gemilang pada masa yang akan datang.

“Ini merupakan suatu langkah awal bagi Ustaz. Saya himbau agar mengembangkan hafalannya lebih banyak lagi. Jangan pernah berhenti dengan apa yang telah diperoleh, karena tahun depan dan tahun depannya lagi akan diadakan acara serupa,” pungkas Salman.

Seperti diberitakan, kafilah Aceh pada MTQ ke-5 KORPRI tahun ini berhasil mengirim wakilnya ke final pada 8 cabang. Babak final semua cabang berlangsung Kamis (18/11/2021) dan hasilnya diumumkan dalam acara penutupan tadi malam (20/11/2021). Provinsi Aceh menempati juara umum 3 setelah Kalimantan Selatan dan Jawa Timur masing-masing juara umum 1 dan 2.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh