Kemenag Aceh Timur Gelar Rakor Sosialisasi Perbandingan PMA 13 2018 dan PMA 13 2021

Inmas Aceh 04-11-2021 16:13

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (irfan)---Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kabupaten Aceh Timur melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar rapat koordinasi (Rakor) sosialisasi perbandingan antara PMA Nomor 13 Tahun 2018 dengan PMA No 13 Tahun 2021 serta pembagian brosur yang memuat isi PMA Nomor 13, Kamis (04/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kasi PHU Drs.H.muzakir MA mengatakan Rakor tersebut dilaksanakan di tiga rayon yaitu, Rayon Peureulak,Rayon Simpang Ulim dan Rayon Idi yang melibatkan Kepala KUA kecamatan dan satu orang perwakilan Penyuluh Agama Islam di setiap kecamatan.

Lebih lanjut Muzakir menyampaikan bahwa PMA Nomor 13 Tahun 2021 merupakan penjabaran atau pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji.

“Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tersebut lebih dijabarkan teknisnya oleh Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021. Yang mana dalam PMA Nomor 13 Tahun 2021 tersebut mengatur tentang pendaftaran, penetapan waktu keberangkatan haji, pembimbingan, pembinaan kesehatan serta pembatalan haji”, ungkap Muzakir.


Olehnya itu melalui sosialisasi PMA Nomor 13 Tahun 2021 ini, Muzakir berharap kepada seluruh Kepala KUA dan penyuluh Agama Islam setelah mengikuti kegiatan ini agar dapat mensosialisasikannya kepala seluruh masyarakat yang ada di wilayah kerjanya masing-masing.

Terakhir H.Muzakir mengatakan dalam PMA nomor 13 tahun 2018 mengatur setoran awal terdiri dari lima rangkap dan pembayaran masih dibatasi wilayah atau provinsi,Jamah membawa Pas Photo ke bank,Penandatanngan berkas dilakukan secara manual,layanan pendaftaran haji hanya dilakukan dikantor kemenag kab/kota yang terakhir surat SPH terdiri dari lima rangkap.


Sedangkan perbandingan dengan PMA Nomor 13 Tahun 2021 antara lain, setoran awal menjadi 1 rangkap dan tidak ada lagi pembatasan pembayaran berdasarkan wilayah dan provinsi,Pengambilan foto biometrik dilakukan dilakukan dikemenag kab/kota sehingga Jamaah haji tidak perlu lagi membawa Pas photo ke Bank,Pendaftaran berkas Pendaftaran haji dilakukan secara elektronik,

"Tambahan layanan Pendaftaran Haji antara lain,layanan haji Keliling,layanan Elektronik melalui Haji Pintar,Surat pendaftaran Haji (SPH) kini menjadi 1 lembar serta sudah memiliki Barcode dan QR code," pungkas Muzakir.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW