Kemenag Aceh Timur Validasi Kelengkapan Dokumen Tanah Wakaf

Inmas Aceh 18-10-2021 09:41

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (Irfan)---Bebas sengketa serta adanya kepastian hukum merupakan ekspektasi yang baik seiring dengan bergulirnya peraturan Undang-Undang No 41 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 tentang wakaf di Indonesia, untuk itu pengadministrasian harta benda wakaf harus dilakukan. 

Selain memiliki Akta Ikrar Wakaf atau Akta Pengganti Ikrar Wakaf,  harta benda wakaf dalam hal ini tanah wakaf juga harus didaftarkan ke instansi yang berwenang yaitu Badan Pertanahan Nasional. Agar kepastian dan legalitas hukumnya kuat, sehingga tanah wakaf bisa di kelola dan di kembangkan secara maksimal.

Menyikapi hal ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur melalui Peyelenggara Zakat dan Wakaf melaksanakan survei lokasi serta validasi kelengkapan dokumen tanah wakaf calon penerima bantuan sertifikasi tanah wakaf tahun 2021, Senin (18/10/2021). 

Tim terdiri dari H. Mulkan Sidamanik S.Sos.I MA selaku Peyelenggara Zakat dan Wakaf, Jhoni Yus Akbar S.Pd.I Staf harta benda wakaf serta Irfan S.Sos.I Humas Kemenag Aceh Timur.


Sebanyak 12 lokasi tanah wakaf yang tersebar diberbagai pelosok wilayah Kabupaten Aceh Timur menjadi tujuan kali ini, yaitu  terletak di kecamatan Idi Rayeuk, Banda Alam, Peureulak, Rantau Peureulak, Peunaron,Sungai Raya, Birem Bayeun. Hal itu disampaikan H.mulkan saat melakukan Survei dan Validasi tanah wakaf di Kecamatan Peunaron yang merupakan kecamatan terpencil diwilayah kabupaten Aceh Timur.

“Kegiatan ini dilakukan sebelum tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) beserta Kemenag Aceh Timur melaksanakan pengukuran," ungkapnya.

Perjalanan ke kecamatan Peunaron yang cukup memakan waktu dan disertai medan yang berat menjadi tantangan tersendiri untuk validasi kali ini. 3 Persil tanah wakaf yang di lakukan survei serta validasi data tanah wakaf calon Penerima bantuan sertifikasi tanah wakaf di kecamatan Peunaron ialah tanah yang di peruntukkan untuk Mesjid dan pondok pesantren.


Dalam kesempatan tersebut H.mulkan mengatakan kegiatan survei dan validasi tanah wakaf meliputi pengecekan lokasi tanah wakaf, keabsahan dokumen, pertemuan dengan wakif dan nazir, serta rekomendasi dari Kantor Urusan Agama Kecamatan setempat.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW