CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakanwil Gelar Silaturrahmi dan Pembinaan Penghulu Kemenag Pidie

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 232
Jumat, 11 Juni 2021
Featured Image

Sigli (Said Mustafa/Humas) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg melakukan kunjungan kerja ke Kemenag Kabupaten Pidie, Jum'at 11 Juni 2021.

Pada kunjungan ini, turut hadir Kabid Urais Binsyar Drs. Marzuki MA, Kabid Penaiszawa Drs H Azhari, Kasi Kepenghuluan Khairuddin MA, dan Ketua APRI Provinsi Aceh   Erman Jaya M.Ag.

Ketibaan rombongan disambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Drs. H. Abdullah MAg. 

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Aceh ikut menyaksikan pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Pidie, masa Kepengurusan Tahun 2021 s.d 2025 yang dilantik oleh Ketua APRI Aceh. 

Pada kesempatan itu, Iqbal mengucapkan selamat Kepada Penghulu yang dikukuhkan.

"Semoga dalam menjalankan tugasnya menjadi Penghulu yang taat Syariat dan menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan Visi dan misi yang di tetapkan oleh APRI," katanya. 

Sebab itu, Iqbal mengajak penghulu  bekerja dengan tekun dan baik. 

"Contoh pekerjaan yang sedang di alami masyarakat adalah angka perceraian di Aceh yang semakin meningkat akhir-akhir ini, karena faktor ekonomi dan kekerasan dalam rumah Tangga.  maka kedepan salah satu tugas penghulu setidaknya bisa meminimalisir atau mengurangi dengan cara memberi Bimbingan Pernikahan kepada calon pengantin sehingga terciptanya keharmonisan dalam rumah tangga," ucapnya. 

Menurutnya, di era globalisasi yang sarat akan dinamika dan problematika sosial keagamaan yang kian pesat, selain mengemban tugas sebagai tokoh agama dan abdi negara, seorang penghulu juga dituntut untuk mengembangkan kompetensi.

"Kualitas dan profesi agar tampil lebih berwawasan dan memiliki daya kritis dalam mengkaji isu-isu kekinian mengenai hukum Islam khususnya fiqh munakahat yang senantiasa akan terus bermunculan di masyarakat," kata Iqbal. 

Hari ini, Kakanwil Kemenag Aceh juga bertindak sebagai Khatib Jum'at di Mesjid Al-Falah Sigli.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh