Kemenag Aceh Timur Kumpulkan Dokumen Usulan Sertifikasi Tanah Wakaf yang Tertunda

Inmas Aceh 31-05-2021 14:23

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (irfan)---Penyelenggara Zakat dan Wakaf  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H. Mulkan Sidamanik S.Sos.I MA bersama Tim peyelenggara Zawa dan Perwakilan Seksi Bimas Islam melaksanakan pengumpulan dokumen usulan sertifikasi tanah wakaf  yang tertunda.

Dalam kesempatan tersebut H.Mulkan meyampaikan Tim yang terdiri dari empat orang yaitu H.Mulkan Sidamanik S.Sos.I MA, M.jhoni Yus Akbar S.Pd, Mansyari A.MA dan Irfan S.Sos.I sedang melakukan pengumpulan dokumen sertivikasi tanah wakaf yang tertunda sesuai dengan lampiran keputusan kepala kantor kementerian Agama kabupaten Aceh Timur Nomor B.2337/Kk.01.02/BA.04/05/2021 tertanggal 24 Mei 2021.

Lebih lanjut H.mulkan meyampaikan Tim melaksanakan sistim jemput bola ke KUA kecamatan guna untuk pengambilan dokumen usulan sertifikasi Tanah wakaf tertunda selama sepekan lebih dengan melibatkan peyuluh Agama Islam Non PNS sebagai petugas lapangan. 

Untuk diketahui usulan Tanah wakaf yang sempat tertunda beberapa waktu yang lalu tersebar di 16 KUA Kecamatan antaralain, KUA Simpang Ulim,Madat, Pante Bidari,Julok,Indra Makmu,Nurussalam, Darul Aman, Idi Rayeuk, Idi tunong,Banda Alam,Peureulak Barat,Peureulak,Peureulak Timur,rantau Peureulak,Serbajadi dan rantau selamat.

Lebih lanjut H.Mulkan mengatakan setelah tim menerima berkas usulan sertifikat tanah wakaf dari Kepala KUA berkas yang diusulkan langsung dilakukan verifikasi.ujar H.Mulkan yang kerap disapa bang H.mulkan.

Setelah menerima berkas, Penyelenggara Zawa melakukan verifikasi atas berkas tersebut.

Verifikasi dilakukan untuk memudahkan usulan  dan input data pada sistem di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Aceh Timur

"Verifikasi berkas meliputi surat Salinan/fotocopy ikrar wakaf (AIW) Surat dasar Kepemilikan tanah wakaf,Nomor objek pajak,Foto kopi KTP Nazir dan  wakif  ," jelas H. Mulkan

Untuk di ketahui Usulan Tanah yang tertunda kita selesaikan dulu 100 persil tanah wakaf  yang belum terselesaikan berupa tanah mesjid,Meunasah,Pesantren,kuburan,KUA dan Madrasah yang berlokasi di 16 kecamatan yang tersebar di seluruh penjuru kabupaten Aceh Timur.

Adapun rincian  ferivikasi Tanah wakaf di kecamatan simpang ulim terdapat 5 lokasi tanah wakaf, Idra makmu 1 lokasi,Pante Bidari terdaat 3 Lokasi, Julok 2 lokasi, Madat 5 lokasi,Nurussalam 10 lokasi, Darul Aman 4 lokasi,Banda Alam 1 Lokasi sedangkan Idi Rayeuk 13 lokasi Tanah wakaf, Idi tunong 1,Peureulak 6,Rantau peureulak 5,Serba jadi 10,Peureulak barat 4,Peureulak Timur 21 dan Rantau selamat terdapat 1lokasi Tanah wakaf.

"adapun tugas penyelenggara zakat dan wakaf adalah mendata aset wakaf terutama akta ikrar wakaf agar tidak ada yang mengklaim sebagai tanah warisan apabila wakif telah meninggal", ucap H.mulkan

Terakhir H.mulkan memberikan apresiasi kepada kepala KUA yang telah mempersiapkan usulan dokumen tertunda,beliau berharap KUA kecamatan lain nya agar terus mempersiapkan Berkas usulan seperti yang dilakukan KUA kecamatan Peureulak dan KUA Kecamatan Peureulak  barat dan KUA kecamatan Idi Rayeuk serta Kecamatan Darul Aman.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW