Kemenag Aceh: ASN Komitmen Rawat Kerukunan dan Tebarkan Moderasi Beragama

Inmas Aceh 23-01-2021 14:17

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Kutacane (Humas)---Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg menggelar pembinaan ASN dalam lingkungan Kemenag Aceh Tenggara di aula MAN 1, Sabtu, 22 Januari 2021.

Pembukaan kegiatan ini turut dihadiri Wabup Bukhari, Sekdakab Ridwansyah SE MSi, Kakankemenag Aceh Tenggara H Syaiful SHI dan jajaran.

Kakanwil mengatakan, Aceh Tenggara merupakan wilayah yang penduduknya heterogen dan multikultural.

"Selain itu, daerah ini berdampingan dan berbatasan dengan Sumut, butuh perhatian dan konsentrasi yang bagus untuk merawat kerukunan," kata Iqbal.

Ia juga mengajak Pemkab dan FKUB untuk terus bersinergi dan membangun kerjasama yang lebih baik guna bersama-sama memikirkan  umat.

"Dukungan dari Pemkab sangat kita butuhkan, tentu dengan kebersamaan banyak hal yang dapat terwujud," kata Iqbal.

Secara umum kata Iqbal, kerukunan di Bumi Serambi Mekkah sangat kondusif dan berjalan sangat baik, demikan juga di Aceh Tenggara.

"Jalinan kerukunan antar umat beragama di Aceh, sama sekali tidak terganggu. Kerukunan selalu berjalan sangat baik, juga toleransi sesama umat beragama. Juga di masa konflik, kerukunan antar umat beragama sangat terjaga," kata Iqbal.

Jika ada isu mengenai adanya pergesekan antar umat beragama di Aceh, kata Iqbal, hal itu hanya riak kecil yang bisa diselesaikan lewat dialog dan musyawarah.

Ia juga mengajak ASN untuk menebarkan moderasi beragama.

"Moderasi beragama bukan agamanya yang dimoderatkan, melainkan cara kita beragama yang dimoderatkan," katanya.

"Moderasi beragama dapat melahirkan kerukunan umat beragama," ucapnya.

Iqbal juga mengingatkan ASN untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

Menurut Iqbal, perkembangan media sosial saat ini sangat cepat dan masif, sehingga ia menyarankan agar ASN untuk bijak dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

“Baiknya media sosial digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan pendapat, opini, dan meningkatkan diskusi yang berfaedah dalam membangun kelembagaan kita," katanya.

"Jangan sedikit-sedikit langsung kita share berita, malah berita hoak dan tanpa tabayyun," ujarnya lagi.

"Malahan hal seperti itu akan merugikan lembaga dan diri kita sendiri, perlu kita ingat bahwa Kemenag adalah lembaga yang besar, dirintis dan didirikan oleh para sepuh ulama, makanya kami berharap semua kita untuk selalu setia menjaga marwah dan nama baik lembaga," katanya.

Seyogyanya kita bersyukur telah punya kesempatan bergabung menjadi keluarga besar Kementerian Agama.[]

Kategori Kantor Wilayah Aceh
CONNECT & FOLLOW