Dalam Rangka Gebyar HAB Ke-75 Guru PAI Peduli Anak Yatim Gelar Khitan Masal

Inmas Aceh 23-12-2020 12:01

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (Irfan)---Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) mengadakan  khitanan masal yang diperuntukkan bagi anak yatim dan kaum dhuafa. Kegiatan dalam rangka Gebyar Hari Amal Bakti (HAB Ke-75) itu  digelar di Aula terbuka Kemenag Setempat, Rabu (22/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut Kasi PAIS Faisal S.Ag mengatakan, khitanan masal itu diikuti oleh 24 peserta. Mereka berasal dari Madat ,Pante Bidari,Simpang Ulim,Peudawa ,Peurelak, Idi tunong ,Idi Rayeuk dan Kecamatan darul Ihsan.

“Usia peserta beragam dari 11 tahun sampai 13 tahun,” kata Faisal saat dijumpai di sela-sela kegiatan khitan masal tersebut.

Lebih lanjut Faisal menambahkan, khitanan masal ini merupakan kerja sama antara guru pendidikan agama Islam pada sekolah umum 

“Ini merupakan agenda pertama dalam rangka meyambut Gebyar HAB ke 75 , Pihaknya berharap, dengan kegiatan seperti ini mudah-mudahan kedepannya untuk tahun depan bisa lebih, gebyar lagi dari tahun ini," katanya.

Faisal mengemukakan, kegiatan khitanan masal ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan agama Islam di sekolah dalam bentuk  kepedulian, membentuk karakter siswa, dan membantu kaum dhuafa yang mempunyai anak belum dikhitan.

“Selain dikhitan secara gratis, para peserta mendapatkan hadiah berupa Kain Sarung dan santunan uang  tunai,” papar Faisal.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur H.Salman S.Pd,M.Ag mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi dan bangga dengan kegiatan tersebut.

Khitanan merupakan salah satu cara untuk mendidik anak-anak yang merupakan syariat agama Islam bagi muslim dalam menyempurnakan ibadah. 

“Didiklah anak-anak dengan dasar agama yang baik, salah satunya melaksanakan khitanan.Tanamkan dalam generasi muda nilai kebaikan sehingga menjadi generasi Rabbani,” ungkap H.Salman

H.Salman juga mengaku senang dengan diselenggarakannya khitanan massal ini karena acara tersebut dapat membantu warga masyarakat dalam menghitan anak-anaknya serta kegiatan ini diperlukan kerja keras dan niat mulia dalam memulai semuanya.

“Dalam mengajarkan kebaikan, didiklah anak-anak dengan dasar agama. Melalui khitanan kita sudah menanamkan dan ajaran agama Islam kepada anak,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Aceh Timur dalam hal ini diwakili oleh Kabid SMP,Kasubbag TU Kemenag Aceh Timur, para Kasi dan penyelenggara.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota

CONNECT & FOLLOW